Posyandu Lansia, Inovasi Pelayanan Kesehatan Untuk Penduduk Usia Lanjut

Posyandu Lansia, Inovasi Pelayanan Kesehatan Untuk Penduduk Usia Lanjut
info gambar utama

Proses menua merupakan suatu keadaan yang tidak bisa ditolak dan akan dialami oleh setiap manusia. Perubahan fisik, penurunan tingkat kesehatan hingga psikologis akan mengiri proses tersebut. Tak jarang juga penyakit degeneratif mulai menyerang antibodi mereka, seperti penyakit diabetes, jantung koroner, gangguan gizi hingga depresi.

Kesehatan lansia merupakan hal yang perlu di perhatikan. Tidak hanya memperhatikan tentang asupan makanan yang di konsumsi, tetapi juga kontrol rutin untuk melihat perkembangan kesehatan, agar peningkatan usia harapan hidup penduduk usia lanjut semakin meningkat.

Proses Menua
info gambar

Lansia bukanlah sebuah beban bagi keluarga yang mendapati salah satu anggota keluarganya yang telah berusia lanjut. Bertambahnya tingkat penduduk usia lanjut menjadi tantangan tersendiri untuk terus meningkatkan kesejahteraan hidup mereka, sehingga menjadi lansia yang sehat dan mandiri.

Mengapa Posyandu Lansia?

Hampir sama dengan posyandu pada umumnya, posyandu lansia merupakan pos pelayanan terpadu yang sasarannya adalah para penduduk usia lanjut. Posyandu ini diselenggarakan di desa-desa yang digerakkan oleh masyarakat dengan menggandeng para pelayan kesehatan di desa tersebut.

Posyandu Lansia
info gambar

Posyandu lansia dapat membantu para penduduk usia lanjut untuk meningkatkan kesehatan mereka. Karena lansia yang sehat dan mandiri merupakan harapan setiap manusia terutama masyarakat Indonesia.

Posyandu lansia akan memberikan layanan kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan oleh petugas kesehatan, mulai dari keluhan yang dihadapi saat ini, tekanan darah, pemeriksaan kadar gula, kolesterol dan asam urat.

Para lansia akan diajak untuk mengikuti olahraga ringan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Lansia juga akan mendapat penyuluhan mengenai pola hidup sehat bagi lansia.

Kesehatan Lansia
info gambar

Posyandu lansia telah di laksanakan pada beberapa daerah di Indonesai, seperti di kota Kota Kediri, Lamongan, Pacitan, Kabupaten Buleleng Bali, Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah dan daerah-daerah Indonesia lainnya.

Dengan adanya posyandu lansia, tidak hanya kesehatan lansia saja yang diutamakan, tetapi juga kemampuan masyarakat dalam mengetahui serta mengatasi masalah kesehatan lansia secara optimal.

Posyandu lansia diharapkan dapat membantu para lansia menjadi penduduk usia lanjut yang terus mempertahankan kesehatan fisik serta psikologisnya.


Catatan kaki: beritaberinovasi.com | wagataberita.com | klikdokter.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini