Inilah Lima Negara ASEAN yang Diajukan Menjadi Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2034

Inilah Lima Negara ASEAN yang Diajukan Menjadi Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2034
info gambar utama

Asa negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) untuk jadi tuan rumah Piala Dunia 2034 melonjak setelah ditandatanganinya nota kesepahaman (MoU) dengan FIFA. 10 negara ASEAN dan FIFA sepakat menekan MoU dalam rangkaian KTT ASEAN ke-35 di Bangkok, minggu lalu.

Proposal ASEAN untuk menjadi tuan rumah bersama makin menemui titik terang setelah ASEAN memutuskan bahwa event olah raga paling ditunggu di dunia tersebut akan akan dilangsungkan di 5 negara. Hal ini diputuskan dalam Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN yang diadakan di Manila, Filipina beberapa hari sebelumnya. Dari pertemuan ini bahwa lima negara ASEAN - Thailand, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Vietnam - akan tampil sebagai negara tuan rumah dalam biding Piala Dunia 2034.

Ini berarti bahwa Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar dan Filipina tidak akan menjadi tuan rumah pertandingan di Piala Dunia 2034 jika biding ini berhasil.

Dalam hal ini, Bangkok Post mengutip Menteri Olahraga Thailand Phiphat Ratchakitprakarn mengatakan bahwa tawaran biding lima negara disetujui selama pertemuan, dan Thailand akan memainkan peran utama dalam proses biding, bersama dengan ASEAN.

Tiongkok, Mesir, Zimbabwe, Nigeria, dan Australia adalah di antara negara-negara lain yang telah menyatakan minat untuk menjadi tuan rumah edisi ke-25 Piala Dunia sepak bola pada 2034.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini