Bukti Pengabdian, Penerima Beasiswa LPDP Ajak Anak-Anak Tingkatkan Minat Baca

Bukti Pengabdian, Penerima Beasiswa LPDP Ajak Anak-Anak Tingkatkan Minat Baca

Salah satu penerima beasiswa LPDP sedang bercerita kepada anak-anak di Kampung Bayam, Jakarta © Muhammad A. Manaf

Awardee (penerima beasiswa) LPDP yang tergabung dalam PK-150 Garuda Manggala mengadakan proyek sosial yang menyasar isu literasi di wilayah Penjaringan, Jakarta Utara, pada Sabtu (9/11).

Total 153 awardee dari program magister dan doktoral di dalam dan di luar negeri menggerakkan minat baca untuk anak-anak di tiga lokasi, yaitu pemukiman warga kolong Tol Jembatan Tiga, Pondok Domba Pluit, dan Pondok Domba Taman BMW, Jakarta Utara. Lebih dari 200 anak usia Sekolah Dasar berpartisipasi pada kegiatan ini.

"Sejumlah kegiatan yang kami lakukan antara lain pembuatan pojok buku, motivasi literasi, dan pojok komputer. Setidaknya sekitar 500 judul buku telah kami siapkan dari seluruh Indonesia untuk merintis pojok baca di 3 lokasi ini", ujar Sintya Marantika, Ketua Angkatan PK-150.

Buku-buku itu disiapkan bagi warga sekitar Kampung Penjaringan agar mereka memiliki bahan bacaan. Dengan tersedianya bahan bacaan yang beragam, warga terutama anak kecil lebih tertarik untuk terus membaca.

Selain itu, para awardee juga memberikan kelas motivasi untuk memicu budaya membaca anak-anak sekaligus menyelenggarakan pojok komputer untuk meningkatkan literasi digital mereka. Kompilasi kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dan internalisasi kebiasaan membaca yang lebih menyeluruh.

Lebih lanjut, Sintya menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi dan minat baca masyarakat Indonesia.

Berdasarkan data dari UNESCO (2016), minat baca masyarakat Indonesia hanya sebesar 0,001 persen. Hal ini menjelaskan bahwa dari 1.000 orang Indonesia, terdapat satu orang saja yang rajin membaca. Rendahnya minat baca ini membuat Indonesia berada pada peringkat 60 dunia, satu tingkat di atas Botswana.

Di samping acara utama, awardee juga menggelar bazar sembako dan bazar pakaian bekas. Dilaksanakan juga kegiatan bersih-bersih lingkungan sekaligus penyediaan sarana dan prasarana kebersihan di sekitar kampung.

Sebagai penutup, Garuda Manggala juga melaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis meliputi pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan asam urat yang menyasar orang-orang dewasa warga Kolong Tol Jembatan Tiga, Jakarta Utara.

Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama PK-150 LPDP dengan Bulog, BRI, Puri Tour and Travel, dan Konimex.

Pilih BanggaBangga43%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi57%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Belajar Menyajikan Informasi Menarik melalui Workshop Infografis Sebelummnya

Belajar Menyajikan Informasi Menarik melalui Workshop Infografis

Jelang Akhir Tahun, FPMSI Akan Gelar Diskusi Bersama Warganet Menuju Indonesia Maju Selanjutnya

Jelang Akhir Tahun, FPMSI Akan Gelar Diskusi Bersama Warganet Menuju Indonesia Maju

Muhammad Manaf
@muhamanaf

Muhammad Manaf

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.