Benteng Ulantha, Tempat Favorit Penikmat Senja di Gorontalo

Benteng  Ulantha, Tempat Favorit Penikmat Senja di Gorontalo

Salah satu bagian Benteng Ulantha © Insta Phenomenos

Benteng Ulantha bukanlah benteng peninggalan Belanda, Portugis ataupun kerajaan-kerajaan terdahulu. Namun, Benteng Ulantha merupakan benteng yang dibangun oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Dibangun oleh Pemerintah Daerah, bukan berarti benteng tersebut tidak memiliki sejarah. Beridiri di atas Gunung Pombolu, membuat pengunjung dapat melihat keadaan sekitar. Gunung Pombolu inilah yang memiliki nilai sejarah khususnya bagi masyarakat sekitar.

Benteng Ulantha tergolong wisata baru di Gorontalo. | Foto : detik.com

Saat masa kolonial, Gunung Pombolu digunakan oleh para pejuang kemerdekaan guna mengamati kedatangan Belanda. Posisinya yang tinggi memudahkan para pejuang untuk melihat kedatangan Belanda yang pada masa itu Belanda seringkali menggunakan mobil. Dibangunnya Benteng Ulantha di atas gunung tersebut, selain untuk memanfaatkan area gunung yang dulunya hanya sebatas semak belukar, namun juga diharapkan pengunjung dapat mengenang jasa para pejuang yang meraih kemerdekaan Indonesia. Karena setiap pejuang memiliki caranya sendiri untuk membela bangsa, salah satunya dengan cara mengintai melalui gunung sehingga dapat memberitahukan pada masyarakat lain jika penjajah akan datang.

Bangunan Benteng Ulantha dibangun dengan banyak pintu serta dua menara. Bebatuan yang menjadi desain Benteng Ulantha membuat bangunan Benteng semakin instagrammable. Berada di atas ketinggian Gunung Pombolu, pengunjung Benteng Ulantha lebih sering datang ketika menjelang senja. Sebab, pemandangan senja dari Benteng Ulantha sangat indah. Senja dengan langit yang keemasan menjadi salah satu daya tarik bagi para pengunjung. Berlatar golden sunset dan bagunan dengan arsitektur layaknya bangunan jaman dulu, menjadikan Benteng Ulantha selalu ramai oleh pengunjung terutama anak muda yang ingin mengabadikan senja. Masyarakat sekitar pun menuturkan bahwa pengunjung Benteng Ulantha kian hari kian banyak terlebih saat ini belum ada retribusi tiket masuk diakrenakan Benteng Ulantha belum diresmikan oleh pemerintah daerah.

Benteng Ulantha dilihat dari atas | Foto : Buntelan.ID

Pemerintah daerah Bone Bolango nantinya akan menetapkan biaya tiket masuk bagi para pengunjung seteleh Benteng Ulantha diresmikan. Uang dari tiket masuk perngunjung nantinya akan masuk ke pendapatan daerah. Dengan dibangunnya Benteng Ulantha, selain nantinya dapat memberikan pemasukkan bagi pendapatan daerah, juga dapat membawa nama Bone Bolango semakin dikenal oreh masyarakat luar. Hal tersebut dikarenakan pengunjung Benteng Ulantha tidak hanya dari masyarakat Bone Bolango saja namun juga dari daerah-daerah lain di Gorontalo.

Benteng Ulantha sendiri berada di desa Ulantha kecamatan Suwawa kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Desa Ulantha dapat dijangkau dengan transportasi darat sekitar 10 menit dari Alun-Alun Bone Bolango. Nah, setelah mengetahui sekilas tentang Benteng Ulantha, apakah kawan GNFI tertarik untuk mengunjungi Benteng Ulantha?


Catatan kaki: travelingyuk | liputan6

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang33%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi33%
Pilih TerpukauTerpukau33%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Rhizanthes Deceptor, Bunga dari Famili Rafflesia yang Jarang Dikenal Sebelummnya

Rhizanthes Deceptor, Bunga dari Famili Rafflesia yang Jarang Dikenal

7 Gunung yang Menjadi Bagian dari 7 Keunikkan Kota Tomohon Selanjutnya

7 Gunung yang Menjadi Bagian dari 7 Keunikkan Kota Tomohon

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

Salam. Panggil saja Widi.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.