Satu Lagi Maskapai Indonesia yang Hadirkan Wi-Fi di Pesawat

Satu Lagi Maskapai Indonesia yang Hadirkan Wi-Fi di Pesawat

Ilustrasi router Wi-Fi © webaroo.com.au/Unsplash

  • Layanan Wi-Fi Entertainment kini juga hadir di Batik Air.
  • Ada tiga pesawat Batik Air yang dipasangi Wi-Fi Entertainment, dengan berbagai rute.
  • Sebelum Batik Air, ada Garuda Indonesia dan Citilink yang menyediakan Wi-Fi di pesawat.

Kini, bertambah lagi satu maskapai Indonesia yang menghadirkan layanan Wi-Fi di pesawat. Jumat (15/11) pekan lalu, Batik Air meluncurkan fasilitas terbaru Wi-Fi Entertainment On-board, atau sistem hiburan di pesawat, yang bisa diakses secara wireless.

Pada tahap awal, Batik Air memasang dan melakukan uji coba Wi-Fi Entertainment pada tiga pesawat Airbus 320-200CEO beregistrasi PK-LAZ, PK-LUH dan PK-LUI. Ada beberapa rute yang dipasangi fasilitas baru ini oleh Batik Air, yaitu:

Soekarno-Hatta, Tangerang – Makassar; Makassar – Sorong; Sorong – Makassar; Makassar – Surabaya; Surabaya – Makassar; Makassar – Kendari; Kendari – Soekarno-Hatta, Tangerang; Soekarno-Hatta, Tangerang – Gorontalo; Gorontalo – Soekarno-Hatta, Tangerang; Soekarno-Hatta, Tangerang – Ternate; Ternate – Soekarno-Hatta, Tangerang; Soekarno-Hatta, Tangerang – Palembang; Makassar – Palu; Palu – Makassar dan Makassar – Soekarno-Hatta, Tangerang. Selanjutnya akan tersedia pada jaringan Batik Air yang lain.

BACA JUGA: Wifi di 200 Lebih Pesawat Udara Indonesia. Gratis

Partnership penyediaan Wi-Fi On-board bersama PT. Dua Surya Dinamika (AirFi Indonesia). Untuk pemasangan perangkat dilakukan oleh Batam Aero Technic (BAT), sebagai pusat perawatan dan perbaikan pesawat anggota Lion Air Group.

"Proses pemasangan telah mendapatkan sertifikasi dari regulator dan mengikuti aturan pengoperasian pesawat udara. Setiap perangkat yang terpasang pada armada Batik Air, sudah menjalani pemeriksaan dan persetujuan oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU), Kementerian Perhubungan Republik Indonesia," terang CEO Batik Air, Capt. Achmad Luthfie, dalam siaran pers yang diterima GNFI.

Wi-Fi Entertainment di Batik Air menawarkan berbagai layanan | Foto: Batik Air

Konten layanan dari Wi-Fi Entertainment yang dapat dinikmati di Batik Air antara lain video (movies and TV shows), musik video, permainan (games), program anak-anak (kids), gaya hidup (lifestyle), Instagram, percakapan tertulis antarpersonal dalam pesawat (on-board chat), berita (news), majalah elektronik (e-magazine) dan lain-lain.

"Fitur Wi-Fi Entertainment menjamin privasi dan keamanan, karena jaringan AirFi tidak mengizinkan tamu atau pihak lain mengakses data peribadi," lanjut Capt. Achmad Luthfie.

BACA JUGA: Ini Rute Citilink Dengan Inflight Wifi

Untuk mengakses Wi-Fi On-board, caranya sebagai berikut:

Pertama, mengubah aturan (setting) ponsel ke mode pesawat atau airplane mode. Kedua, ubah ke Wi-Fi Connection pada ponsel dan pilih Batik Entertainment. Setelah berhasil, penumpang dapat menikmati Wi-Fi Entertainment Batik Air.

Dalam jangka waktu berikutnya, wisatawan atau pebisnis juga bisa tersambung hiburan penerbangan (inflight entertainment atau IFE). Target IFE System pada 2020 adalah mampu jadi saluran bertransaksi dalam jaringan (daring) dari udara, seperti pemesanan hotel, sewa mobil, dan transaksi daring lainnya.

Adanya fasilitas Wi-Fi di pesawat menambah daftar maskapai Indonesia yang menyediakan layanan tersebut di penerbangan. Sebelumnya, ada Garuda Indonesia dan Citilink yang melakukannya.**

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang50%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau50%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Yuk Kenalan sama Team Saber, Pahlawan Penyapu Ranjau Paku Sebelummnya

Yuk Kenalan sama Team Saber, Pahlawan Penyapu Ranjau Paku

Jelang Akhir Tahun, FPMSI Akan Gelar Diskusi Bersama Warganet Menuju Indonesia Maju Selanjutnya

Jelang Akhir Tahun, FPMSI Akan Gelar Diskusi Bersama Warganet Menuju Indonesia Maju

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

Tidak bisa masak tapi suka makan. Tidak bisa main bola tapi suka nonton bola.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.