Yuk Kenalan sama Team Saber, Pahlawan Penyapu Ranjau Paku

Yuk Kenalan sama Team Saber, Pahlawan Penyapu Ranjau Paku

Ilustrasi aspal jalan © Marius Sebastian/Unsplash

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

  • Mengenal Team Saber, komunitas penyapu ranjau paku di Jakarta.
  • Team Saber kini terdiri dari 20 orang anggota aktif.
  • Berkat kegiatan mulianya, Team Saber terpilih sebagai Traffic Hero oleh Jasa Raharja, dan digandeng sebagai mitra Polri.

Maraknya ranjau paku yang tersebar di jalanan Jakarta menimbulkan keresahan tersendiri di masyarakat. Atas dasar itulah Abdul Rohim dan Siswanto tergerak untuk menyapu bersih ranjau paku. Inisiatif ini menjadi awal mula terbentuknya Team Saber.

Dalam perjalanannya, Abdul Rohim dan Siswanto kemudian bertemu dengan orang-orang lain yang melakukan hal sama. Berkat kesamaan inisiatif ini, berdirilah Team Saber pada 5 Agustus 2011.

Jumlah anggota Team Saber saat ini mencapai 20 orang aktif. Mereka melakukan kegiatan mulia ini di jalan raya setiap pagi sebelum berangkat kerja, dan malam hari sepulang kerja. Aktivitas ini pun mendapat apresiasi tinggi dari Kepolisian RI, dengan dijadikannya Team Saber sebagai mitra Polri, dan penghargaan diberikan langsung oleh Kapolda Metro Jaya.

BACA JUGA: Hadiah dari Napoleon Bonaparte Ada di Museum Tertua di Kota Solo

Selain digandeng Polri, Team Saber juga mendapat penghargaan dari Jasa Raharja. Team Saber terpilih sebagai Traffic Hero, karena memiliki nilai DIKAU (Dampak, Integrasi, Komunikasi, Apresiasi, Unjuk Kinerja), yang berarti mereka memiliki manfaat nyata yang dapat membantu para pengguna jalan lainnya.

Sebagai Traffic Hero, PT. Jasa Raharja (Persero) berharap Komunitas Team Saber dapat mengembangkan dan menjalankan kegiatan komunitasnya.

Beberapa anggota Team Saber | Foto: Dok. Jasa Raharja

“Komunitas Team Saber mengucapkan terima kasih kepada Jasa Raharja. Dengan adanya bantuan ini kami dapat membeli berbagai perlengkapan seperti magnet, kotak medis, dan lain-lain. Yang akan membuat kami lebih mudah untuk melaksanakan kegiatan sapu bersih ranjau paku di jalan raya,” tutur salah satu anggota Komunitas Team Saber, Agus, dalam siaran pers yang diterima GNFI.

BACA JUGA: Tentang Indomie dan Gastro Diplomacy

Traffic Hero sendiri merupakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang dilakukan oleh PT. Jasa Raharja (Persero) setiap tahunnya. Dengan adanya program ini Jasa Raharja mengapresiasi masyarakat yang melakukan usaha untuk meningkatkan kesadaran terhadap keselamatan berkendara di jalan raya, seperti melakukan penelitian, menemukan alat maupun melakukan tindakan kampanye.

“Melalui Traffic Hero kami mengapresiasi orang-orang yang memiliki kepedulian terhadap keselamatan berkendara di jalan raya. Bukan hanya itu saja, namun kami juga memberikan bantuan kepada mereka. Sehingga apa yang mereka lakukan dapat terus berkembang dan menginspirasi orang lain agar lebih banyak orang yang ikut serta untuk peduli terhadap keselamatan dalam berkendara”, ujar Direktur Keuangan PT Jasa Raharja (Persero), Myland.**

Team Saber ketika hendak menjalankan aksinya | Foto: Dok. Jasa Raharja

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Nasib Bawang Putih Tak Seberuntung Bawang Merah Sebelummnya

Nasib Bawang Putih Tak Seberuntung Bawang Merah

Tren Sepekan: STNK Becak, Embun Upas, dan Robot Wisuda Selanjutnya

Tren Sepekan: STNK Becak, Embun Upas, dan Robot Wisuda

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.