Begini Cara Kerja Kotak Bekal Tenaga Surya

Begini Cara Kerja Kotak Bekal Tenaga Surya

Ilustrasi kotak makanan © Jacky Tan/Unsplash

  • Sunny Side Box, kotak bekal dengan tenaga surya yang dibuat mahasiswa UI.
  • Kotak bekal ini bisa menghangatkan makanan dengan memakai energi baterai dari panel surya.
  • Tenaga baterai bisa menghangatkan makanan selama 6 jam.

Inovasi baru kembali hadir di bidang kuliner Indonesia. Kali ini, ada kotak bekal tenaga surya yang bisa menghangatkan makanan selama 6 jam. Inovasi ini dibuat oleh tujuh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) angkatan 2014.

Ide pembuatan kotak bekal bernama Sunny Side Box ini datang ketika banyak keluhan berubahnya rasa, aroma, dan kualitas makanan yang dijadikan bekal saat bepergian. Dengan Sunny Side Box, makanan di kotak bekal bisa dihangatkan karena menggunakan peltier pemanas dari panel surya.

Arin Wulandari, Bagus Anugrah Ramadhan, Deby Rahma Tsabita, Girindra Chaska Wardana Nimpuno, Hajid Naufal Atthousi, Hanny Banowati Arimbi, dan Indira Prianda menjadi sosok di balik terciptanya Sunny Side Box.

Desain Sunny Side Box | Foto: Humas dan KIP UI

BACA JUGA: Bagaimana Masjid Dapat Berperan Dalam Aksi Cinta Lingkungan?

“Beberapa riset menunjukan bahwa mengonsumsi makanan yang sudah dingin dapat menimbulkan gejala keracunan makanan. Oleh karena itu, kami mengkreasikan Sunny Side Box dengan harapan dapat menjadi solusi atas keresahan masyarakat. Seperti yang kita tahu, membawa bekal telah menjadi salah satu budaya masyarakat di Indonesia – tidak hanya anak TK melainkan juga pelajar, mahasiswa hingga karyawan,” ucap Bagus Anugrah.

Lebih lanjut, Bagus menambahkan, “Kami juga akan melakukan riset lanjutan guna mengembangkan Sunny Side Box baik itu dari sisi material, thermodinamika, nutrisi, dan rekayasa lanjutan pada pengoperasian alat. Dengan mempelajari aspek-aspek tersebut, teknologi yang diaplikasikan pada Sunny Side Box akan lebih optimal.”

BACA JUGA: Menyelisik Manfaat Energi Terbarukan

Sunny Side Box menggunakan baterai yang memiliki dua alternatif cara dalam memanen energi listrik, yaitu menggunakan pengisi baterai berkabel dan panel surya yang dapat menghangatkan makanan hingga 6 jam selama dinyalakan.

Energi listrik yang tersimpan akan diolah oleh peltier sebagai pemanas yang bersentuhan langsung dengan wadah logam untuk menghangatkan makanan.

Berkat inovasinya ini, Sunny Side Box berhasil meraih penghargaan Medal Perak pada kategori Lingkungan Hidup di ajang International Science and Invention Fair 2019 yang berlangsung pada 21-25 Juni 2019 di Denpasar, Bali.**

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi67%
Pilih TerpukauTerpukau33%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Tiga Bandara Resmi Diambil Alih Angkasa Pura II Sebelummnya

Tiga Bandara Resmi Diambil Alih Angkasa Pura II

Aneka Rujak di Indonesia (Bagian I) Selanjutnya

Aneka Rujak di Indonesia (Bagian I)

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

Tidak bisa masak tapi suka makan. Tidak bisa main bola tapi suka nonton bola.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.