Inilah Festival Terbesar di Indonesia untuk Para Pahlawan Ekonomi

Inilah Festival Terbesar di Indonesia untuk Para Pahlawan Ekonomi

Festival SRC Indonesia © SRC Indonesia

Ekonomi Indonesia terus tumbuh seiring waktu. Yang unik, tulang punggung ekonomi Indonesia adalah UMKM, yang telah menyumbangkan sekitar 62,58 persen pada produk domestik bruto (PDB) nasional. Tak hanya itu, UMKM juga adalah elemen ekonomi Indonesia yang tahan krisis, dan yang telah berjasa menyelamatkan ekonomi Indonesia di saat ekonomi dunia menghadapi banyak tantangan.

Dampak sosial ekonomi UMKM yang paling tampak saat ini adalah banyaknya tenaga kerja yang terserap. “Saat ini UKM, berjumlah lebih dari sekitar 59,26 juta dan memberikan kontribusi pada PDB sebesar 62,58 persen dan penyerapan tenaga kerja 96,99 persen” kata Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Emilia Suhaimi. Merekalah sebenarnya pahlawan-pahlawan ekonomi Indonesia. Tentu menjadi sangat penting untuk terus menjaga, memgelola, dan mengembangkan UMKM ini agar terus berkempang, dan berekspansi menjadi lebih besar, sehingga makin besar pula dampaknya bagi sosial ekonomi masyarakat, pun pada ekonomi nasional.

Hal ini lah yang mendorong Sampoerna Retail Community (SRC) program pembinaan terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM) di bidang ritel akan mengadakan event festival yang bertajuk “Festival SRC Indonesia”. Festival SRC Indonesia adalah sebuah event untuk mengapresiasi SRC terbaik tahun 2019 sekaligus memperkenalkan ekosistem SRC kepada konsumen dan mengajak konsumen untuk belanja ke SRC. Festival ini merupakan sebuah bentuk dukungan nyata untuk UKM lokal serta kolaborasi dengan pemerintah (PEMDA dan Dinas UKM).

Festival SRC Indonesia akan dilaksanakan di seluruh Indonesia di 13 Area Regional, mulai tanggal 17 November 2019 – 8 Desember 2019 yang ditujukan untuk masyarakat umum (konsumen, pelaku UKM lokal, dinas UKM, dan Pemda). Selain itu, Festival SRC Indonesia juga menggelar acara sharing session yang hanya ditujukan untuk selected SRC yang diundang ke Festival SRC Indonesia. Dengan kata lain, Festival SRC Indonesia bertujuan untuk membangun kedekatan antara SRC dengan konsumen, mengangkat budaya tradisional di masing-masing area regional dan utamanya untuk mengajak UKM lokal untuk ikut serta dan menunjukkan ciri khas lokal dari masing-masing area.

Waktu dan tempat diselenggarakannya Festival SRC Indonesia | Foto : SRC Indonesia

Jika disimpulkan, Festival ini diadakan untuk membantu Indonesia menjadi lebih baik lagi dari sisi perekonomian (khususnya UKM lokal) dan kembali mencintai budaya tradisional Indonesia. SRC memiliki beberapa produk yang membantu para pelaku usaha UKM untuk memajukan usahanya. Seperti Pojok Ayo SRC, Pojok Lokal; dan Pojok Bayar. Ayo SRC merupakan aplikasi untuk para konsumen, retailer, serta mitra. Aplikasi ini bertujuan untuk mendapatkan informasi B2B retailer organik. Aplikasi Ayo SRC memudahkan akses para anggota SRC saling berbagi ilmu bisnis, mendapat informasi mengenai pembinaan UKM Sampoerna, dan memudahkan proses pengelolaan toko. Melalui ini, Sampoerna ingin seluruh SRC menjadi lebih dikenal. SRC juga menghadirkan Pojok Ayo SRC pada festival SRC Indonesia, yakni sebuah area khusus bagi konsumen dan retailer untuk mendapatkan informasi dan pengalaman aplikasi AYO SRC.

Selain itu, Pojok Ayo SRC juga memiliki tujuan untuk memperkenalkan pada konsumen bahwa SRC telah masuk ke era digital, serta tempat MITRA SRC untuk menginformasikan B2B retailer organik. Pojok Lokal adalah area yang menyediakan produk yang diprioritaskan untuk dipamerkan, seperti produk hasil UKM atau komunitas disekitar lingkungan SRC dan relevan dengan kebutuhan pengunjung event. Contoh produk yang ada di Pojok Lokal : Snack tradisional khas area, Produk UKM, Produk Merk In-House.

Selain Pojok Ayo SRC dan Pojok Lokal, SRC juga memiliki Pojok Bayar. Sebuah aplikasi bayar tagihan khusus untuk SRC yang berfungsi untuk pembelian pulsa, paket data, dan pembayaran listrik. SRC juga memiliki Toko Kelontong Masa Kini yang tergabung dalam program kemitraan Sampoerna yang memiliki tujuan untuk meningkatkan daya saing para pemilik toko kelontong melalui pendampingan usaha yang berkelanjutan. Bermula dari 57 toko di Kota Medan, pada tahun 2018, Toko Kelontong SRC berjumlah 100.000.

Inilah festival terbesar di Indonesia yang diperuntukkan para pahlawan ekonomi Indonesia, urat nadi tumbuh dan berkembangnya ekonomi kerakyatan yang digaungkan oleh para pendiri bangsa ini sejak dulu. Kami mengajak kawan-kawan GNFI yang ada di seluruh kota-kota tempat dilaksanakannya festival SRC ini, untuk melihat secara langsung, mendapatkan inspirasi, berbagi semangat, dan berbagi kebanggaan dengan pegiat UKM yang kini telah dikelola lebih modern, dan berhasil mendapatkan benefit dari program-program SRC selama ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Dari Bandung ke Langit Himalaya Sebelummnya

Dari Bandung ke Langit Himalaya

Tetra Pak Dukung Terus Inovasi Kemasan Ramah Lingkungan Selanjutnya

Tetra Pak Dukung Terus Inovasi Kemasan Ramah Lingkungan

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

Salam. Panggil saja Widi.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.