Kupat Glabed, si Lengket nan Gurih dari Tegal

Kupat Glabed, si Lengket nan Gurih dari Tegal

Serupa dengan opor, kupat glabed memiliki kuah berwarna kuning. © www.ditegal.com

Potongan ketupat yang berenang di tengah kuah berwarna kuning, namun bukan opor.

Kira-kira, kawan GNFI tahu apa nama makanan tersebut?

Namanya adalah Kupat Glabed makanan khas Tegal, Jawa Tengah. Mengapa dinamakan Kupat Glabed? Ya, tentu saja karena bahan dasar dari makanan tersebut adalah kupat atau ketupat yang dipotong-potong. Istilah “glabed” sendiri adalah sebutan dari warga Tegal untuk tekstur kuah yang lengket dan kental sehingga seringkali menempel di dalam mulut. Warna kuah Kupat Glabed adalah warna kuning menyerupai opor, namun dengan tekstur yang lebih kental. Selain dari segi tekstur kuah, hal yang membedakan antara Kupat Glabed dengan opor adalah adanya taburan kerupuk kuning di atas Kupat Glabed. Kerupuk yang dicampur dengan bawang goreng tersebut menambah cita rasa gurih kuah Kupat Glabed.

Kupat Glabed merupakan makanan khas Tegal, Jawa Tengah. | Foto : wartabahari.com

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Kupat Glabed tidaklah sulit untuk dicari. Bahan-bahan tersebut yakni rempah-rempah dapur atau yang biasa disebut empon-empon, garam, gula, cabai merah, bawang merah, bawang putih dan tomat merah serta tidak lupa untuk membuat ketupat. Kupat Glabed biasanya disajikan dengan gorengan tempe medoan yakni tempe yang digoreng dengan adonan tepung terigu setengah matang. Sebagai pelengkap, Kupat Glabed perlu ditambahkan dengan kerupuk kuning dan bawang goreng.

Kupat Glabed biasanya disajikan ketika lebaran ketika seluruh anggota keluarga berkumpul dan makan Kupat Glabed bersama. Namun, Kupat Glabed juga dijual oleh banyak pedagang terutama di tempat-tempat keramaian seperti alun-alun kota/kabupaten, pantai maupun di depan rumah pinggir jalan. Harga Kupat Glabed sangat terjangkau yakni kisaran harga Rp 5.000,00 hingga Rp 10.000,00 tergantung dengan menu tambahan yang diinginkan pembeli. Menu tambahan yang disediakan pedagang Kupat Glabed biasanya berupa sate telur puyuh, sate usus, tempe mendoan hingaa sate rempela-hati ayam.

Menu tambahan yang disediakan oleh pedagan Kupat Glabed. | Foto : YouTube

Nah, apakah kawan GNFI tertarik untuk mencicipi gurihnya Kupat Glabed? Kawan GNFI bisa berkunjung ke Tegal dan menuju ke alun-alun kisaran pukul 4 sore.


Catatan kaki: cookpad

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Kapan Bandar Udara Pulau Panjang Beroperasi? Sebelummnya

Kapan Bandar Udara Pulau Panjang Beroperasi?

7 Gunung yang Menjadi Bagian dari 7 Keunikkan Kota Tomohon Selanjutnya

7 Gunung yang Menjadi Bagian dari 7 Keunikkan Kota Tomohon

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

Salam. Panggil saja Widi.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.