Mengenal Beberapa Jenis Mangga yang Ada di Indonesia

Mengenal Beberapa Jenis Mangga yang Ada di Indonesia

Buah mangga adalah buah yang berasal dari perbatasan India dengan Burma. © 8villages

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman hayatinya, tidak terkecuali buah-buahan yang sarat akan vitamin. Salah satu buah yang pohonnya banyak tumbuh di Indonesia adalah pohon mangga. Buah yang memiliki nama latin Mangifera Indica L ini merupakan buah yang tumbuh di daerah tropis dan memiliki bentuk oval untuk beberapa jenis serta bentuk bulat untuk jenis tertentu. Warna buah mangga yang sudah masak adalah oranye kekuningan serta kulit yang halus.

Buah yang dijuluki King Of The Fruits atau rajanya buah-buahan karena kepopulerannya, tumbuh subur di Indonesia. Oleh sebab itu, Indonesia memiliki beragam jenis mangga yang memiliki keunikan dan cita rasa tersendiri. Berikut adalah beberapa jenis mangga yang sering dijumpai di Indonesia.

  1. Mangga Apel
Mangga Apel. | Foto : Bukalapak

Sesuai dengan namanya, mangga apel memiliki bentuk bulat yang menyerupai buah apel. Deskripsi singkat buah mangga apel yakni meliki kulit buah yang berwarna merah keunguan di pangkal buah. Mangga apel yang matang memiliki rasa tidak terlalu manis namun menyegarkan, sehingga dapat membuat mata terbelalak.

  1. Mangga Arumanis
Mangga Arumanis. | Foto : Perak Today

Nama mangga arumanis diambil dari wujud mangga ini sendiri yakni berbau harum masaknya daging buah mangga serta rasa daging buah yang manis. Deskripsi singkat buah mangga arumanis ini adalah memiliki pohon setinggi kurang lebih 9 meter. Buah mangga arumanis berbentuk lonjong dan memiliki ujung yang runcing dengan kulit yang dilapisi lilin sehingga membuatnya seakan mengembun.

  1. Mangga Madu
Mangga Madu. | Foto : Tokopedia

Deskirpsi singkat mangga madu yakni memiliki rasa yang manis seperti madu dan daging buahnya berwarna kuning dan bercorak keronenan dan memiliki bau yang harum. Kulit buah mangga madu dilapisi lilin sehingga nampak agak kelabu dan memiliki corak bintik-bintik berwarna putih kehijauan. Tinggi pohon mangga madu dapat mencapai 13 meter.

  1. Mangga Alpukat
Mangga Alpukat. | Foto : YouTube

Mangga alpukat bukanlah persilangan buah mangga dengan buah alpukat, namun buah mangga alpukat adalah persilangan antara mangga gadung dengan mangga madu. Ciri buah mangga alpukat adalah memiliki serat yang halus sehingga memudahkan untuk membuang bijinya. Buah mangga jenis ini banyak dibudidayakan di daerah Jawa Timur, terutama Pasuruan.

  1. Mangga Gedong Gincu
Mangga Gedong Gincu. | Foto : Bukalapak

Mangga yang berasal dari daerah Cirebon, Jawa Barat ini memiliki warna seperti gincu atau lipstick, yakni berwarna merah di sekitar pangkal buah. Buah mangga ini berbentuk bulat namun tidak sebulat buah mangga apel dan memiliki kulit yang tebal. Warna merah gincu akan muncul ketika buah mangga gedong gincu mulai masuk fase kematangan.

  1. Mangga Kemang
Mangga Kemang | Foto : goodnewsfromindonesia

Mangga kemang atau mangga binai/belu memiliki bentuk yang dan warna yang berbeda dari buah mangga yang lainnya. Buah yang memiliki pohon setinggi 20 hingga 40 meter ini memiliki bentuk buah yang lonjong dan tidak meruncing. Mangga kemang akan berwarna kuning kecoklatan ketika sudah masak, namun akan memiliki rasa yang beragam seperti manis, masam dan sepet.

Dari berbagai jenis mangga yang telah dituliskan di atas, masih banyak jenis mangga yang masih belum disebutkan. Hal tersebut karena Inodnesia merupakan daerah yang cocok untuk membudidayakan buah tropis ini. Nah, kira-kira, apa jenis mangga yang terdapat di daerah kawan GNFI?


Catatan kaki: dosen pertanian

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah jika sakit
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga29%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang21%
Pilih Tak PeduliTak Peduli7%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi7%
Pilih TerpukauTerpukau36%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Diperlukan Peran Konkret Media untuk Majunya Indonesia Sebelummnya

Diperlukan Peran Konkret Media untuk Majunya Indonesia

Ketika Para Seniman Ajak Masyarakat Atasi Covid-19 Lewat Pertunjukan Di Dunia Maya Selanjutnya

Ketika Para Seniman Ajak Masyarakat Atasi Covid-19 Lewat Pertunjukan Di Dunia Maya

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.