Pantai Sawarna dan Wisata-wisata Lain di Dekatnya

Pantai Sawarna dan Wisata-wisata Lain di Dekatnya
info gambar utama

Seperti namanya, pantai yang berada di desa Sawarna, Lebak, Banten ini sudah cukup dikenal. Beda dengan beberapa saat yang lalu di mana jumlah wisatawannya sangat sedikit, sekarang sudah ramai wisatawan yang berminat untuk menyaksikan keeksotisan Pantai Sawarna.

Meskipun letaknya cukup jauh ditambah lagi dengan medan yang sulit untuk bisa ke pulau ini, juga sarana yang sangat kurang, terlebih lagi jarak POM bensin dan ATM juga begitu jauh, rupa-rupanya tidak menyurutkan banyaknya wisatawan yang berkunjung.

Keeksotisan Pantai Sawarna

Jika kamu menyebut nama pantai Sawarna, sebetulnya yang dimaksud yakni pantai yang berada di Desa Sawarna. Terdapat sejumlah pantai yang jaraknya berdekatan dengan demikian dapat dikunjungi ketika Kamu sedang berwisata ke tempat ini.

Masing-masing pantai mempunyai karakter dan kecantikan alam yang berbeda-beda. Akan tetapi, terdapat pantai yang dijadikan sebagai ikon dari wisata di desa Sawarna ini.

Jadi saat kamu tengah mencari-cari foto atau gambar mengenai pantai Sawarna, ternyata yang tampil adalah gambar-gambar dari pantai ini. Pantai apakah itu? Pantai tersebut adalah Pantai Tanjung Layar.

Pantai Tanjung Layar mempunyai dua batu karang yang mencuat ke atas permukaan laut. Panorama pantai ini begitu menakjubkan, terlebih lagi ombaknya yang cukup tenang dan air lautnya yang begitu bening.

Tidak cuma Pantai Tanjung Layar, Kamu pun dapat datang ke Pantai Ciantir, Pantai Pulo Manuk, Pantai Karang Taraje dan Pantai Teluk Legon Pari.

Wisata lainnya

Tidak hanya sejumlah pantai yang menawan nan dramatis, rupanya desa Sawarna pun menyimpan berbagai obyek wisata lainnya, seperti Bukit Cariang dan sejumlah gua yang dapat ditelusuri.

Bukit Cariang

Bukit Cariang ini menyuguhkan panorama alam yang tiada terbatas. Malah, bukit ini menjadi area untuk berfoto-foto terbaik yang berada di Desa Sawarna.

Untuk dapat sampai di sini, kamu harus mendaki kurang lebih 200 anak tangga. Di atas bukit, tidak cuma berfoto-foto, kamu juga dapat menyaksikan panorama alam di pantai dan desa Sawarna dari atas bukit.

Pastinya, terdapat pula sejumlah spot untuk berfoto di bukit ini. Kamu tidak bakal lelah untuk memuji keeksotisan alam ciptaan Tuhan di pulau wisata ini. Sungguh mengagumkan.

Tidak hanya Bukit Cariang, terdapat pula bukit yang lainnya, misalnya Bukit Tanjung Layar Pantai Sawarna, Bukit Pasir Kadal Sawarna dan yang lainnya. Jangan lupa untuk meluangkan waktu menjelajahi sejumlah bukit di Desa Sawarna, pastinya setelah kamu menelusuri pantai-pantainya.

Gua Lalay

Tidak hanya pantai dan bukit, Desa Sawarna pun mempunyai sejumlah gua, seperti Gua Lalay, Gua Seribu Candi dan Gua Langir.

Dari ketiganya, bisa dibilang Gua Lalay yang paling banyak didatangi, meskipun gua yang lain pun cukup dipenuhi oleh wisatawan. Selain menyimpan keeksotisan alam tersendiri, gua ini juga memiliki bumbu mitos yang mewajibkan setiap wisatawan tetap sopan dalam berkata.

Menyusuri gua menggunakan senter yang dijual oleh sejumlah penjual senter di depan bibir gua, Kamu boleh menyusuri gua Lalay lebih dalam lagi.

Kabarnya, gua tersebut ditinggali oleh belut yang berukuran besar. Berdasarkan penuturan penduduk, belut tersebut akan keluar ketika malam tiba, tapi tidak seluruh badannya keluar, hanya bibir dan kepalanya saja yang menyembul dari dalam mulut gua.

Sumber: travel pulau seribu

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini