Inilah Marketplace Pertama di Dunia yang Sediakan 'Menu' Umrah

Inilah Marketplace Pertama di Dunia yang Sediakan 'Menu' Umrah
info gambar utama

Perusahaan unicorn Indonesia kembali menggebrak dunia. Kali ini, inovasi hadir dari Tokopedia, dengan tersedianya 'menu' umrah di marketplace berusia 10 tahun tersebut.

Layanan bernama Tokopedia Umroh ini diluncurkan pada Rabu (27/11) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Tokopedia Umroh merupakan pengembangan dari Tokopedia Salam yang sebelumnya telah diluncurkan pada September 2019.

Garri Juanda, Head of Tokopedia Salam | Foto: Aditya Jaya/GNFI
info gambar

Ringkasnya, Tokopedia Umroh adalah marketplace yang menghubungkan agen perjalanan umrah dengan pelanggan. Jadi, pembayaran yang dilakukan pelanggan akan langsung diteruskan ke agen perjalanan.

Saat ini ada 20 travel agents yang tergabung di Tokopedia Umroh yang sudah disertifikasi pemerintah. Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda, mengatakan ke depannya pihaknya akan melakukan kerja sama dengan lebih banyak lagi travel agent.

“Kita tahu di mata hukum ada lebih dari 900 travel agents yang beroperasi bahkan hampir seribu. Jadi setiap hari pun dari sisi Tokopedia, kita pun selalu melakukan opening kepada travel agent yang mau bekerja sama dengan Tokopedia,” ujar Garri.

Untuk mejaga kepercayaan dan keamanan para pelanggan Tokopedia Umroh, selain sertifikasi oleh pemerintah, Tokopedia juga turut melakukan berbagai proses sebelum bekerja sama dengan mitra terkait.

“Ada beberapa step, yang pasti kita juga bekerja sama untuk ngecek kepada industri internal. Jadi kita ngecek apakah mereka punya tunggakan kepada beberapa partner, apakah selalu pembayarannya lancar, lalu kita juga cross-check kepada beberapa asosiasi apakah ternyata mereka itu punya banyak pengalaman buruk dari jamaah yang pernah diberangkatkan,” jelas Garri.

Garri juga mengungkapkan, hingga saat ini ada kurang lebih 100 paket umrah yang dapat dipilih pelanggan. Mulai dari harga ekonomis sampai bintang lima.

Kemudian untuk pembayarannya, bisa dilakukan dengan cicilan tanpa riba selama 3-6 bulan sebelum keberangkatan ke Tanah Suci. Di sistem pembayaran ini Tokopedia menggandeng bank-bank syariah di Indonesia.***

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AH
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini