Inilah Marketplace Pertama di Dunia yang Sediakan 'Menu' Umrah

Inilah Marketplace Pertama di Dunia yang Sediakan 'Menu' Umrah

Penabuhan rebana yang menjadi simbol peluncuran resmi Tokopedia Umroh | Foto: Aditya Jaya/GNFI

Perusahaan unicorn Indonesia kembali menggebrak dunia. Kali ini, inovasi hadir dari Tokopedia, dengan tersedianya 'menu' umrah di marketplace berusia 10 tahun tersebut.

Layanan bernama Tokopedia Umroh ini diluncurkan pada Rabu (27/11) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Tokopedia Umroh merupakan pengembangan dari Tokopedia Salam yang sebelumnya telah diluncurkan pada September 2019.

Garri Juanda, Head of Tokopedia Salam | Foto: Aditya Jaya/GNFI

Ringkasnya, Tokopedia Umroh adalah marketplace yang menghubungkan agen perjalanan umrah dengan pelanggan. Jadi, pembayaran yang dilakukan pelanggan akan langsung diteruskan ke agen perjalanan.

Saat ini ada 20 travel agents yang tergabung di Tokopedia Umroh yang sudah disertifikasi pemerintah. Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda, mengatakan ke depannya pihaknya akan melakukan kerja sama dengan lebih banyak lagi travel agent.

“Kita tahu di mata hukum ada lebih dari 900 travel agents yang beroperasi bahkan hampir seribu. Jadi setiap hari pun dari sisi Tokopedia, kita pun selalu melakukan opening kepada travel agent yang mau bekerja sama dengan Tokopedia,” ujar Garri.

Untuk mejaga kepercayaan dan keamanan para pelanggan Tokopedia Umroh, selain sertifikasi oleh pemerintah, Tokopedia juga turut melakukan berbagai proses sebelum bekerja sama dengan mitra terkait.

“Ada beberapa step, yang pasti kita juga bekerja sama untuk ngecek kepada industri internal. Jadi kita ngecek apakah mereka punya tunggakan kepada beberapa partner, apakah selalu pembayarannya lancar, lalu kita juga cross-check kepada beberapa asosiasi apakah ternyata mereka itu punya banyak pengalaman buruk dari jamaah yang pernah diberangkatkan,” jelas Garri.

Garri juga mengungkapkan, hingga saat ini ada kurang lebih 100 paket umrah yang dapat dipilih pelanggan. Mulai dari harga ekonomis sampai bintang lima.

Kemudian untuk pembayarannya, bisa dilakukan dengan cicilan tanpa riba selama 3-6 bulan sebelum keberangkatan ke Tanah Suci. Di sistem pembayaran ini Tokopedia menggandeng bank-bank syariah di Indonesia.***

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Eks Sekolah Taman Siswa Surabaya Jadi Museum Pendidikan Sebelummnya

Eks Sekolah Taman Siswa Surabaya Jadi Museum Pendidikan

Ada Desainer Indonesia di Film Frozen 2 Selanjutnya

Ada Desainer Indonesia di Film Frozen 2

Ariefiani Harahap
@ariefiani_elf

Ariefiani Harahap

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.