Berbagai Manfaat Palapa Ring untuk UKM

Berbagai Manfaat Palapa Ring untuk UKM
info gambar utama
  • Menyelisik tiga manfaat Palapa Ring untuk UKM dan bisnis lokal.
  • Palapa Ring adalah proyek skala besar untuk membangun jaringan serat optik yang menjangkau 34 provinsi dan 440 kota/kabupaten di Indonesia.
  • Saat ini Palapa Ring sudah beroperasi dan siap digunakan.

'Tol Langit' atau Palapa Ring telah diluncurkan pada 14 Oktober 2019 lalu. Proyek skala besar ini merupakan upaya membangun jaringan serat optik yang menjangkau 34 provinsi dan 440 kota/kabupaten di Indonesia.

Dengan adanya Palapa Ring, Usaha Kecil Menenangah (UKM) di Indonesia pun bisa memperoleh manfaat. Setidaknya ada tiga manfaat Palapa Ring untuk UKM dan bisnis lokal.

Konektivitas semakin nyata

Palapa Ring membuat akses informasi dan komunikasi menjadi lebih terbuka. Konektivitas ini bermanfaat untuk mempermudah transaksi secara daring, mendistribusikan barang dengan ke tempat yang belum terjangkau sebelumnya, dan mendekatkan bisnis lokal dengan e-commerce dan toko online.

Pembangunan Palapa Ring dibagi ke 3 wilayah, yaitu Palapa Ring Barat, Tengah, dan Timur. Di masing-masing wilayah, Kominfo bermitra dengan penyedia layanan telekomunikasi dan internet untuk menyediakan koneksi internet. Saat ini, Kominfo mengklaim kecepatan internet Palapa Ring tembus 40 Mbps, dan upload mencapai 7 Mbps.

BACA JUGA: Internet Makin Ngebut karena Indonesia Bakal Tambah 3 Satelit Lagi

Tumbuhnya peluang dan bibit kewirausahaan

Salah satu hambatan bagi UKM dan bisnis lokal di daerah untuk go online adalah faktor infrastruktur. Dengan adanya Palapa Ring, persoalan ini bisa teratasi.

Untuk berjualan online, pemilik bisnis tidak perlu membuka toko dan memiliki modal besar untuk mulai berbisnis. Kemudahan ini dapat dimanfaatkan pemilik bisnis untuk go online.

Penyiapan infrastruktur ini didukung dengan visi pemerintah untuk memperkuat SDM, salah satunya dengan target Kemenperin mencetak 1000 teknopreneur tahun 2020. Sinergi pemerintah pusat dan daerah akan mendorong tumbuhnya UKM yang berinovasi dan berdaya saing.

UKM di daerah bisa go international

Dengan tercapainya akses go online, maka peluang untuk go international pun semakin terbuka. Dengan catatan, pemilik bisnis online dapat menerapkan strategi pemasaran digital yang terfokus membidik pasar tertentu.

Dikutip dari blog Niagahoster, strategi pemasaran digital yang efektif dapat menghemat anggaran pemasaran hingga 40 persen. Strategi digital marketing ini juga terbukti mendatangkan keuntungan 2,8 kali lebih besar daripada bisnis konvensional.

Keunikan dan kekhasan produk Indonesia juga dapat dimanfaatkan oleh pemilik bisnis daerah untuk memasarkan produk ke luar negeri. Internet menghilangkan batas-batas antar-negara, yang membuat jangkauan pemasaran produk-produk daerah pun makin meluas.

BACA JUGA: Akankah Indonesia Mendaratkan Astronot ke Bulan?

***

Saat ini Palapa Ring telah beroperasi dan siap digunakan oleh masyarakat di seluruh penjuru Indonesia. Palapa Ring merupakan salah satu upaya penyempurnaan infrastruktur untuk mendukung visi pemerintah lainnya, seperti 1.000 start-up digital, 8 juta UKM, dan lain-lain.**

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini