Roemah Martha Tilaar, Rumah Budaya dari Gombong

Roemah Martha Tilaar, Rumah Budaya dari Gombong
info gambar utama

Setiap orang memiliki cara kontribusi yang berbeda-beda untuk mengembangkan Indonesia, salah satu contoh nyatanya ialah Ibu Martha Tilaar. Melalui Roemah Martha Tilaar, Ibu Martha ingin memajukan Indonesia dengan berkontribusi langsung untuk pemberdayaan masyarakat di kampung halamannya yang terletak di Gombong, Jawa Tengah.

Rumah yang terletak di jalan Sempor Lama No. 28, Gombong, Kebumen, ini diperkirakan telah berdiri sejak tahun 1920. Meski sempat kosong selama 40 tahun, rumah yang mengusung gaya indische empire ini menjadi tempat dan wadah untuk berkumpulnya warga maupun komunitas setempat

Pada tahun 2012, Ibu Martha Tilaar merekonstruksi rumah keluarga di Gombong tersebut, untuk kembali membangkitkan kenangan lama dan untuk pemberdayaan masyarakat sekitar. Kini Roemah Martha Tilaar dijadikan sebagai museum dan wadah berbagai kegiatan sosial dan mengangkat budaya lokal.

Bangunan yang terdiri dari 3 bagian, yaitu 1 gedung utama dan 2 paviliun di kanan kirinya memiliki dua fungsi utama. Fungsi pertama adalah sebagai destinasi wisata inspiratif. Wisatawan yang hadir dapat menambah pengetahuan mengenai budaya dan kehidupan masa lalu sekaligus mendapatkan inspirasi dari perjalanan hidup seorang Martha Tilaar.

BACA JUGA: Mengenal Sosok Dalang Cilik dari Kebumen

Kawan GNFI dapat berkunjung ke Roemah Martha Tilaar pada hari Selasa-Minggu dari jam 09.00 hingga 16.00. Di rumah ini, Kawan GNFI dapat mengetahui sejarah dan latar belakang kehidupan keluarga Martha Tilaar. Rumah ini juga menjadi saksi, bagaimana semangat kewirausahaan dan kreatifitas Ibu Martha Tilaar dipupuk sejak beliau masih kanak-kanak.

Selain menjadikan rumah ini sebagai wadah pemberdayaan masyarakat, di rumah ini juga terdapat Roemah Kopi yang merupakan coffeeshop untuk tempat berkumpul anak muda di Gombong.

Roemah Kopi beroperasi dari jam 16.00 hingga 24.00, di sini menyediakan berbagai macam kopi yang berasal dari petani kopi setempat. Di Roemah Kopi ini pula terdapat tempat untuk menjual berbagai macam produk dari Martha Tilaar Grup dan hasil UKM warga setempat yang merupakan binaan dari Roemah Martha Tilaar.

BACA JUGA: Martha Tilaar, Sariayu, dan Semangat untuk Terus Maju

Roemah Kopi di Roemah Martha Tilaar | Foto: Della Aniswara/GNFI
info gambar

Bagi Kawan GNFI yang berkunjung ke Gombong, jangan lupa untuk mampir ke Roemah Martha Tilaar ya, dan jangan lupa menikmati kopi dari hasil petani setempat di Roemah Kopi.***

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Della Aniswara lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Della Aniswara.

DA
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini