Kapan Bandar Udara Pulau Panjang Beroperasi?

Kapan Bandar Udara Pulau Panjang Beroperasi?
info gambar utama

Bandara Pulau Panjang letaknya ada di Pulau Panjang. Pulau luasnya 12,9 hektare demikian ada berkisar 40 mil dan atau 64,3 kilometer dari daratan Jakarta.

Di sisi administrasi, Pulau Panjang masuk di wilayah Kelurahan Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara. Tadinya bandara ini suka dilandasi pesawat kecil, sementara terakhir didarati barang tahun 1997.

Akan tetapi seusai itu bandara tadi terbelengkalai, lalu dilakukan renovasi saat tahun 2006 akan tetapi lagi-lagi pembangunan beserta renovasinya mangkir sampai tahun 2019.

Bandara demikian sebelum tahun 2006 sempat terdapat ukuran landasan pacu 900 x 23 meter dan memungkinkan dilandasi pesawat kecil daya muat 10 orang, tetapi mulai tahun 2006 Pemerintah daerah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu tengah mengerjakan pengembangan Bandara Pulau Panjang.

Sebuah hal yang mana langkah pertama yang dilakukan yaitu proses reklamasi pulau tuk pembangunan perpanjangan landasan pacu, mengingat dengan perpanjangan landasan pacu mencapai 1.400 meter, lalu landasan pacunya hampir mengenai memenuhi panjang dari pulau di sana.

Sekarang ini ukuran landasan pacu sudah diubah menjadi size 1400 x 30 meter. Pada pengembangan di sana, pada saat itu dikehendaki Bandara Pulau Panjang bisa dapat memberi layanan penerbangan pesawat dengan kapasitas 50 penumpang.

Tidak hanya terdapat landasan pacu, sekarang ini Pulau Panjang juga terdapat sekian bangunan penunjang yang lainnya. Akan tetapi disayangkan, dengan terhentinya pembangunan juga renovasi yang mulai pada tahun 2006, keadaan di sana saat ini cukup memprihatinkan juga membutuhkan berbagai perbaikan.

Pada dasarnya perlu diakui, demi mewujudkan Kepulauan Seribu dengan tujuan untuk wisata nomor satu daerah DKI Jakarta, lalu segala sektor pendukung perlu bisa lebih dipotimalkan oleh pemerintahan daerah, termasuk satu darinya melintasi pengembangan moda transportasinya, baik itu transportasi darat, laut atau pun udara, semuanya perlu bersinergi juga dikembangkan dengan efektif.

Saat ini dengan kian majunya situs pariwisata Kepulauan Seribu, yang mana ditunjukkan dengan banyaknya wisatawan tahun 2014 yang di atas angka 2 juta tamu, kali ini berlimpah investor yang mulai kepincut tuk melaksanakan pengembangan Bandara Pulau Panjang.

Juga di pertengahan tahun 2015 belum lama ini, pembangunan renovasi dan infrastruktur bandara misalnya menara pengawas, dermaga laut, air traffic control & apron dan fasilitas supporting yang lainnya akan selekasnya diteruskan.

Kita perlu yakin, ketika Bandara Pulau Panjang tadi akan dioperasikan, maka situs pariwisata Kepulauan Seribu tentu kian berkembang dengan pesatnya. Tidak cuma menjadi situs pariwisata utama wilayah Jakarta, tetapi juga terdapat potensi selaku situs pariwisata utama nasional dan mancanegara.

sumber : wisata Pulau seribu

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini