SEA Games 2019: Indonesia Menang Lagi, Nirbobol Lagi

SEA Games 2019: Indonesia Menang Lagi, Nirbobol Lagi
info gambar utama
  • Indonesia kalahkan Singapura di laga kedua penyisihan Grup B SEA Games 2019 cabor sepak bola putra.
  • Garuda Muda menang berkat gol Osvaldo Haay dan Asnawi Mangkualam.
  • Ini adalah kemenangan kedua beruntun Indonesia, dan nirbobol kedua beruntun.

Timnas U-23 Indonesia sukses menyegel kemenangan keduanya di penyisihan Grup B SEA Games 2019 cabor sepak bola putra. Tim asuhan Indra Sjafri menang dua gol tanpa balas kontra Singapura di Rizal Memorial Stadium, Kamis (28/11) malam.

Di pertandingan ini Indra Sjafri masih mempertahankan susunan sebelas pemain terbaiknya, begitu pun dengan Singapura yang dilatih legenda hidupnya, Fandi Ahmad. Bedanya, mental Indonesia sedang terangkat usai menang 2-0 lawan Thailand di laga pertama, sedangkan Singapura bermain imbang dengan skor kacamata kontra Laos di partai pembuka.

Namun demikian, di babak pertama Indonesia justru terbawa ritme permainan Singapura. Umpan-umpan terobosan yang menyasar sisi sayap tidak terlihat, dan Garuda Muda sangat minim peluang emas di 45 menit pertama.

BACA JUGA: SEA Games 2019: Indonesia Menangi Laga Pertama Cabor Sepak Bola

Di kubu lawan, Singapura yang bermain dalam tempo lambat beberapa kali sanggup memberikan tekanan ke pertahanan Indonesia. Tapi karena penyelesaian akhir yang buruk di sepertiga akhir lapangan, skor tetap 0-0 sampai turun minum.

Di babak kedua, Indra Sjafri kembali melakukan pergantian yang sama seperti saat lawan Thailand. Evan Dimas digantikan Rachmat Irianto ketika waktu memasuki menit ke-60. Pergantian ini sempat mengundang tanya karena karakter Rachmat yang lebih defensif, padahal Indonesia sedang mengejar gol.

Tapi, pergantian yang dilakukan Indra Sjafri terbukti tepat. Masuknya anak kandung Bejo Sugiantoro tersebut membuat permainan Garuda Muda jadi lebih direct. Hasilnya dua gol pun didapat.

Pertama melalui Osvaldo Haay di menit 64, dan Asnawi Mangkualam 10 menit berselang. Asnawi bahkan berpeluang mencetak dua gol, sayangnya sepakan keras bek kanan PSM Makassar tersebut menerpa mistar gawang Singapura.

Sementara itu bagi Osvaldo Haay, ini adalah gol keduanya sepanjang SEA Games 2019. Menariknya, baik di pertandingan pertama maupun kedua, pemain Persebaya Surabaya itu juga menjaringkan bola sebagai pemain pengganti.

BACA JUGA: Yayuk Basuki, Sang Legenda Tenis Indonesia

Hasil ini menempatkan Indonesia di peringkat kedua klasemen sementara Grup B di bawah Vietnam. Walau sama-sama mengoleksi 6 poin, Indonesia kalah selisih gol dari The Golden Star yang sudah mencetak 12 gol berbanding satu kali kemasukan.

Di pertandingan berikutnya, kedua kesebelasan akan bertarung di Rizal Memorial Stadium, Minggu (1/12) pukul 19.00 WIB.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini