Lima Tips untuk Hemat Listrik

Lima Tips untuk Hemat Listrik

5 Cara Menghemat Listrik Ini PowerFull © Pixabay

Banyak aktivitas yang akan terhambat bila tidak ada listrik, karena hampir semua aktivitas membutuhkan listrik. Tapi, bukan berarti listrik dapat kita gunakan sewenang-wenang ya, Kawan GNFI!

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat listrik. Hal ini bisa memperingan tagihan listrik, jadi ketika Anda melakukan cek tagihan listrik, biaya pada tagihan listrik tidak terlalu banyak.

Tidak menyalakan perangkat elektronik saat tidur

Ketika hendak tidur, sebaiknya semua perangkat elektronk dimatikan. Ini dilakukan agar pemakaian listrik tidak terbuang percuma. Selain itu mematikan lampu pada saat tidur malam selain menghemat listrik juga membuat Anda lebih rileks.

Menghemat pemakaian lampu

Menghemat pemakaian lampu bisa mengurangi biaya pemakaian listrik tiap bulan. Menghemat lampu bisa dilakukan dengan mematikan semua lampu ketika keluarga Anda hendak tidur, misalnya mematikan lampu di ruang tamu.

Hal ini dilakukan supaya pemakaian listrik bulanan Anda lebih hemat. Jika Anda memakai listrik dengan hemat, maka tagihan bulanan pada listrik Anda tidak terlalu besar.

Menggunakan AC seperlunya

Dibandingkan dengan peralatan elektronik lainya, AC memerlukan daya listrik yang cukup besar. Untuk dapat menghemat pemakaian listrik, maka Anda harus memakai AC pada saat-saat yang diperlukan saja.

Tidak dianjurkan untuk memakai AC terus-menerus karena ini akan mengakibatkan pemborosan llstrik, dan akan membuat tagihan listrik bulanan Anda membengkak.

Memperhatikan penggunaan kulkas

Pemakaian kulkas yang tidak teratur dan tidak sesuai prosedur akan membuat pemakaian listrik menjadi boros. Beberapa keluarga saat menggunakan kulkas, lebih sering membuka pintu kulkas terlalu lama. Kebiasaan ini akan membuat kulkas bekerja secara keras dalam menghabiskan banyak energi, sehingga membuat pemakaian tenaga listrik meningkat.

Jika Anda tidak menggunakan kulkas dengan baik, maka akan membuat penggunaan listrik menjadi lebih boros dan membuat tagihan bulanan listrik Anda membengkak.

Mematikan teve jika tidak ditonton

Beberapa orang sering tidak teratur dalam menggunakan listrik, beberapa dari mereka sering menonton teve dan membiarkanya tetap menyala saat sudah tidak ditonton.

Perilaku ini akan menyebabkan listrik menjadi lebih boros. Ada baiknya Anda mematikan teve saat sudah tidak ditonton atau memasang timer agar teve mati secara otomatis supaya ketika Anda tinggal tidur.

Demikianlah beberapa informasi tentang cara menghemat listrik yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat ya, Kawan GNFI.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

BNI Resmi Bekerjasama Kelola Dana Operasional Pelindo III Sebelummnya

BNI Resmi Bekerjasama Kelola Dana Operasional Pelindo III

Ada Desainer Indonesia di Film Frozen 2 Selanjutnya

Ada Desainer Indonesia di Film Frozen 2

Ahmad Mujtahidin
@1ahid

Ahmad Mujtahidin

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.