KA Kaligung Akhiri Penantian 122 Tahun Cirebon Prujakan

KA Kaligung Akhiri Penantian 122 Tahun Cirebon Prujakan

KA Kaligung relasi Cirebon-Semarang © thecocopost.id

  • Dengan Gapeka 2019, KA Kaligung diperpanjang rutenya sampai Cirebon.
  • Sebelumnya, KA Kaligung hanya melayani rute Semarang - Brebes PP.
  • Relasi baru ini untuk pertama kalinya menjadikan Stasiun Cirebon Prujakan sebagai stasiun keberangkatan awal, sejak 1897.

Penantian Stasiun Cirebon Prujakan yang tidak pernah menjadi stasiun keberangkatan awal sejak didirikan pada 1897, kini berakhir sudah. Kehadiran KA Kaligung mengakhiri 122 tahun penantian stasiun yang dibangun perusahaan swasta bernama Semarang-Cheribon Stoomtram Maatschappij (SCS) tersebut.

KA relasi Cirebon Prujakan - Semarang Poncol ini diberlakukan pemberangkatan awal dari Cirebon mengikuti Grafik Perjalanan Kereta (Gapeka) terbaru yang terbit 1 Desember 2019. Ka Kaligung mengalami perpanjangan rute, karena sebelumnya tidak mencapai Cirebon.

"Pada Gapeka sebelumnya KA Kaligung melayani rute Stasiun Semarang Poncol - Stasiun Brebes," ujar Vice President PT. KAI DAOP 3 Cirebon, Tamsil Nurhamedi, dikutip dari TribunJabar.

Dengan perpanjangan rute ini, KA Kaligung akan berhenti di Stasiun Babakan, Stasiun Losari, Stasiun Tanjung, Stasiun Brebes, Stasiun Tegal, Stasiun Pemalang, Stasiun Pekalongan, Stasiun Weleri, dan terakhir Stasiun Semarang Poncol. Waktu perjalanan dari stasiun awal ke stasiun akhir sekitar 3,5 jam.

BACA JUGA: Di Tahun 2020 Masyarakat Banten Akan Bisa Nikmati KRL

Untuk tiketnya, KA yang terdiri dari rangkaian ekonomi 'new image' ini dihargai mulai Rp40 ribu sampa Rp70 ribu. Khusus untuk relasi Cirebon - Tegal, dikenakan tarif Rp20 ribu dengan ketentuan pembelian tiket 2 jam sebelum keberangkatan, apabila kursi masih tersedia.

“Penumpang KA yang menggunakan kelas ekonomi 'new image' akan merasakan kenyamanan yang nyaris sama dengan penumpang kereta api kelas eksekutif. Adapun fasilitas yang diberikan di antaranya bagian interior kereta nyaris tidak ada yang berbeda antara kereta kelas ekonomi dengan eksekutif, kabin bagasi penumpang yang didesain mirip bagasi kelas eksekutif,” terang Deputy Vice President PT. KAI DAOP 3 Cirebon, Raden Agus Dwinanto Budiadji, dikutip dari radarcirebon.

“Bentuk kursi pada kelas ekonomi 'new image' terbuat dari bahan sofa dengan sandaran tidak 90 derajat. Jumlah kursi pada setiap keretanya berkapasitas 80 penumpang, sehingga penumpang akan merasa lebih nyaman dengan menggunakan kereta Kaligung ini,” lanjutnya.

BACA JUGA: Mulai Desember, 4 Stasiun di Jawa Timur Ini Berganti Nama. Sudah Tahu?

Agung juga menambahkan, fasilitas lainnya di KA Kaligung adalah dua unit TV LED di tiap gerbong yang terletak di tengah, tempat duduk dengan konfigurasi 2-2, dan colokan listrik.

Berikut adalah jadwal keberangkatan KA Kaligung, yang tiketnya bisa dipesan di kanal-kanal pembelian resmi, mulai 30 hari sebelum perjalanan.

Relasi Semarang-Cirebon

  • Semarang Poncol: 05.00 WIB
  • Weleri: 05.36 WIB
  • Pekalongan: 06.25 WIB
  • Pemalang: 06.54 WIB
  • Cirebon Prujakan: 08.35 WIB

Relasi Cirebon-Semarang

  • Cirebon Prujakan: 09.10 WIB
  • Babakan: 09.31 WIB
  • Losari: 09.43 WIB
  • Tanjung: 09.52 WIB
  • Brebes: 10.10 WIB
  • Semarang Poncol: 12.36 WIB

Referensi: TribunJabar | KOMPAS.com | radarcirebon.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang100%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Black Friday dan Serba-serbinya di Indonesia Sebelummnya

Black Friday dan Serba-serbinya di Indonesia

Berbagi Tugas Bersihkan Bumi dari Sampah Plastik Selanjutnya

Berbagi Tugas Bersihkan Bumi dari Sampah Plastik

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

Tidak bisa masak tapi suka makan. Tidak bisa main bola tapi suka nonton bola.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.