Osvaldo Haay Top Skor Sementara di SEA Games 2019

Osvaldo Haay Top Skor Sementara di SEA Games 2019
info gambar utama
  • Osvaldo Haay catatkan diri sebagai top skor sementara SEA Games 2019.
  • Ia mencetak 7 gol dari 5 pertandingan.
  • Perolehannya hanya bisa didekati tiga pemain yang masing-masing mengoleksi lima gol.

Penyisihan grup SEA Games 2019 cabor sepak bola putra telah usai hari ini (5/12). Dengan demikian, Osvaldo Haay sah keluar sebagai top skor sementara, sembari menunggu fase gugur bergulir.

Dari lima pertandingan yang dijalani, pemain Persebaya Surabaya ini menciptakan 7 gol! Gol pertama Valdo, sapaan akrabnya, dicetak di pertandingan pertama saat menghadapi Thailand. Osvaldo yang masuk sebagai pengganti mencetak gol terakhir Indonesia yang memenangkan laga dengan skor 2-0.

Di pertandingan kedua, gol Osvaldo kembali bertambah. Kali ini Singapura yang menjadi korbannya. Uniknya, Valdo kembali mencatatkan nama di papan skor usai masuk sebagai pengganti. Indonesia pun kembali menang dengan skor yang sama, 2-0.

BACA JUGA: Indonesia Kesebelasan Tersubur di Fase Grup SEA Games 2019

Osvaldo Haay awalnya bukan pilihan utama Indra Sjafri di starting line-up. Ia baru diturunkan saat penyerang utama, Muhammad Rafli, menderita cedera. Setelah Valdo terus menjadi andalan di lini depan, karena kontribusinya yang sangat masif.

Sempat mandul saat Indonesia dikalahkan Vietnam 1-2 di pertandingan ketiga, Osvaldo kembali tancap gas di laga keempat dan kelima, Brunei dan Laos jadi korban keganasan pemain muda terbaik Gojek Liga 1 2018 ini, dengan total 5 gol.

Hat-trick dicetaknya saat melawan Brunei masing-masing di menit 11, 45-2, dan 72. Indonesia menang 8-0 di pertandingan itu. Lalu brace dibuatnya sore ini, mengantarkan Garuda Muda menang 4-0 lawan Laos. Gol dijaringkan Valdo di menit 47 dan 90+5.

BACA JUGA: SEA Games 2019: Indonesia Catat Kemenangan Terbesar di Grup B

Tujuh gol yang dicetak Osvaldo Haay sementara ini hanya bisa didekati oleh tiga pemain, yakni Suphanat Mueanta (Thailand), dan duo Vietnamm Ha Duc Chinh serta Nguyen Tien Linh. Ketiganya sama-sama mengoleksi lima gol, tapi perolehan Suphanat tidak bisa bertambah lantara Thailand sudah tersisih.

Fakta menarik lainnya dari Osvaldo Haay adalah posisinya aslinya bukan penyerang, melainkan gelandang serang. Di SEA Games 2017 Osvaldo bahkan dimainkan sebagai sayap kiri oleh Luis Milla, dan hasilnya tetap memuaskan hingga ia mengalami cedera.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini