SEA Games 2019: Indonesia ke Final Lagi Setelah 6 Tahun!

SEA Games 2019: Indonesia ke Final Lagi Setelah 6 Tahun!
info gambar utama
  • Indonesia lolos ke final SEA Games 2019 cabor sepak bola putra.
  • Garuda Muda lolos usai mengalahkan Myanmar dengan skor 4-2.
  • Ini adalah final pertama Indonesia di SEA Games sejak 2013.

Indonesia sukses melangkah ke final SEA Games 2019, usai mengalahkan Myanmar dengan skor 4-2. Kemenangan ini mengakhiri penantian Garuda Muda yang terakhir kali menjejak partai puncak 6 tahun lalu.

Di Rizal Memorial Stadium sore ini (7/12) baik Indonesia maupun Myanmar sama-sama menurunkan komposisi pemain terbaiknya. Keduanya sama-sama bernafsu meraih kemenangan, guna melaju ke final yang digelar Selasa (10/12) mendatang.

Target ke final ini pula yang membuat kedua tim bermain hati-hati. Akibatnya, tidak banyak peluang tercipta di babak pertama. Indonesia terlalu sering membuang peluang, sedangkan Myanmar kesulitan membongkar lini pertahanan Garuda Muda.

Babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

BACA JUGA: Indonesia Kesebelasan Tersubur di Fase Grup SEA Games 2019

Di babak kedua, barulah ketegangan terjadi. Indonesia lebih dulu mencetak gol di menit 57. Aksi individu Egy Maulana Vikri yang dilanjutkan umpan tarik mendatar, berhasil diselesaikan Evan dengan tendangan keras yang menjebol gawang Myanmar.

15 menit berselang, Indonesia mendapat gol keduanya. Kali ini giliran Egy yang menceploskan bola ke jala lawan, usai menyambut umpan silang tendangan bebas Bagas Adi Nugroho.

Walau unggul dua gol, sangat disayangkan Garuda Muda terlena di sisa laga. Myanmar sanggup memperkecil ketertinggalan di menit 79, memanfaatkan kelengahan Zulfiandi yang kecolongan bola. Gol dicetak oleh Aung Kaung Mann.

Semenit kemudian, tak disangka Myanmar bisa menyamakan skor! Lagi-lagi berawal dari Zulfiandi yang kehilangan bola, seorang pemain Myanmar langsung mengirim umpan terobosan ke kotak penalti Indonesia.

Nadeo Argawinata yang keluar untuk memotong laju bola justru tangkapannya tidak sempurna, dan langsung dihukum oleh gol Win Naing Tun.

BACA JUGA: Osvaldo Haay Top Skor Sementara di SEA Games 2019

Sampai 90 menit, skor tak berubah. Indonesia 2-2 Myanmar dan harus berlanjut ke perpanjangan waktu.

Di babak tambahan inilah semangat pantang menyerah Indonesia akhirnya terbayar. Sepasang gol dilesatkan, masing-masing di menit 102 oleh Osvaldo Haay, dan menit 113 dari kaki Evan Dimas.

Dengan hasil ini Indonesia lolos ke final untuk pertama kalinya sejak SEA Games 2013 di Myanmar. Untuk lawan di partai puncak, masih menunggu hasil Vietnam vs Kamboja yang dimainkan malam ini pukul 19.00 WIB.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini