Aneka Rujak di Indonesia (Bagian II)

Aneka Rujak di Indonesia (Bagian II)
info gambar utama

Kembali lagi membahas mengenai aneka rujak nusantara, yang sebelumnya sudah sebagian kecil kita tahu pada artikel Aneka Rujak di Indonesia (Bagian I). Nah, kali ini kita akan menambah daftar nama-nama rujak yang tersebar di Indonesia dengan cita rasa yang beragam.

  1. Rujak U Groh
Rujak U Groh | Foto : Travelingyuk.com
info gambar

Rujak U Groh berasal dari daerah Aceh Besar Nangroe Aceh Darussalam. Masyarakat Aceh sendiri menyebut rujak U Groh sebagai lincah U Groh. Rujak U Groh berbahan dasar kelapa muda yang disiram dengan bumbu rujak. Mulanya kelapa muda yang sudah dipisahkan dari tempurung kelapa dicuci terlebih dahulu kemudian diris kecil memanjang. Sementara, bumbu rujak terdiri dari gula merah, cabai, garam, air untuk menyampur semuanya dan ditambah dengan perasan air jeruk nipis. Bumbu rujak tersebut dituangkan di atas irisan kelapa muda yang sudah disiapkan sebelumnya. Dan tadaaaa….lincah U Groh alias rujak kelapa muda siap dinikmati.

  1. Rujak Es Krim
Rujak Es Krim | Foto : Good Indoensia Food
info gambar

Es krim yang biasanya dinikmati dengan segar karena dingin dan rasanya manis, kini dapat disajikan dengan cara unik, yakni dibuat rujak. Rujak es krim adalah salah satu rujak yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Rujak es krim terdiri dari irisan buah-buahan seperti nanas, papaya, manga muda dan mentimun. Sementara, bumbu rujak es krim adalah cabai rawit merah, terasi goreng, asam jawa, garam dan air perasan jeruk nipis. Bahan utama berupa es krim disajikan di atas semua bahan tersebut ditambah dengan baluran susu kental manis. Hmmm…nikmat bukan?

  1. Rujak Kuah Pindang
Rujak Kuah Pindang adalah salah satu makanan khas Bali | Foto : SUKITA.id
info gambar

Pindang adalah salah satu ikan yang mudah didapat di pasar dan menjadi lauk yang lezat. Namun, apa jadinya jika ada rujak dengan nama kuah pindang? Rujak kuah pindang memiliki bahan dasar berupa buah-buahan layaknya rujak buah yakni seperti bengkuang, mentimun, papaya , kedondong, dan belimbing yang dikupas dan dipotonng kecil-kecil. Namun, yang unik dari rujak kuah pindang adalah rujak ini dilengkapi dengan kaldu yang terbuat dari ikan, garam, terasi dan cabai. Bahan kaldu rujak digiling sehingga teksturnya menjadi halus dan lebih encer dengan tambahan air. Pedasnya kaldu rujak ditambah dengan segarnya buah-buahan cocok untuk disantap di siang hari.

  1. Rujak Gobet
Rujak Gobet | Foto : elfilife
info gambar

Rujak gobet adalah rujak yang terbuat dari berbagai macam buah-buahan yang diserut secara kasar. Buah-buahan tersebut berupa buah kedondong, mentimun, bengkuang, pisang batu atau pisang klutuk, mangga mengkal, jambu air, nanas, jeruk bali dan ubi merah. Semua bahan tersebut diserut sehingga menjadi potongan-potongan kecil bahkan teksturnya mendekati halus. Sementara, untuk bumbu dari rujak gobet ini sendiri berupa asam jawa, gula merah, gula pasir, garam, cabai merah, cabai rawit dan terasi yang semuanya dicampur menggunakan air. Tuangkan bumbu rujak di atas semua bahan buah-buahan tersebut dan rujak gobet pun siap disantap.

Unik ya, rujak-rujak dari berbagai daerah di Indonesia ini. Nah, kira-kira, apa nama rujak di daerah Kawan GNFI? Seunik apa rujak yang menjadi kebanggaan daerah Kawan GNFI?


Catatan kaki: rujak es krim | acehtourism | fimela | wikipedia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini