Akhirnya, Dua Raksasa Teknologi Dunia ini akan Bangun Data Center di Indonesia

Akhirnya, Dua Raksasa Teknologi Dunia ini akan Bangun Data Center di Indonesia
info gambar utama

Facebook dan Google dikabarkan akan membangun data center di Indonesia. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate. "Google, Facebook sudah punya rencana membangun pusat data di Indonesia," kata Johnny di Istana Merdeka, Kamis (5/12/2019). Menurut Johnny untuk membangun data center harus ada beberapa langkah yang diperlukan.

"Data center yang pertama kita harus menyelesaikan dulu Undang-undang Perlindungan Data pribadi (UU PDP) yang disebut dengan GDPR Indonesia. Bangsa-bangsa lain sudah punya kita belum," kata Johnny di Kantor Kominfo, pada 6 Desember 2019.

Johnny melanjutkan bahwa UU Perlindungan Data Pribadi saat ini akan diserahkan ke DPR pada akhir tahun ini, dan diharapkan akan selesai pada 2020.

"Kita juga berencana untuk melakukan integrated data center di Indonesia ini. Integrated data center ini kita awali dengan apa? terintegrasinya data-data pemerintah yang di bawah kendali pemerintah saat ini tersebar dalam 9 hingga 10 ribu data center di Indonesia ini. Baik oleh pemerintah daerah dan pemerintah pusat tersebar kemana-mana," kata Johnny.

Johnny juga melanjutkan untuk lokasinya yakni Batam, Bekasi, Manado, dan ibu kota baru nanti.

Meski demikian, ia tidak menjelaskan secara rinci kapan dan di mana tepatnya data center ini akan dibangun. "Tanya mereka, jangan tanya saya. Tapi kalau mereka sudah investasi di sini kan bagus," pungkas Johnny.

Sebelumnya pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE).

Sumber: Okezone | Kompas | Infokomputer

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini