Najwa Shihab dan Prestasi dalam Namanya

Najwa Shihab dan Prestasi dalam Namanya
info gambar utama

"Buat apa wilayah seluas Sabang sampai Merauke, jika pemudanya kehilangan idealisme?" Sebuah kalimat cerdas yang membuat siapapun pendengarnya akan berpikir dan merefleksikan kata-kata tersebut kepada dirinya sendiri. Atau "Indonesia tak tersusun dari batas peta, tapi gerak dan peran besar kaum muda" bagaimana? Sangat bermakna bukan?

Najwa Shihab (akrab disapa Mba Nana), adalah seorang wanita yang memiliki latar belakang sarjana hukum dan mendedikasikan dirinya pada dunia jurnalistik. Emosional dalam kata-katanya juga tak terlepas dari ketajaman dan daya kritis dalam menilai sesuatu, yang mana hal itu merupakan ciri khas wanita kelahiran makassar ini.

Prestasi yang mengawali deretan prestasi lainnya pada diri seorang Najwa Shihab adalah penghargaan dari PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) untuk laporannya mengenai kejadian pasca bencana gempa dan tsunami Aceh 2004. Laporan Mba Nana dianggap memberikan andil untuk meluasnya empati dan kepedulian masyarakat terhadap bencana tersebut. Penghargaan ini diberikan pada tahun 2005.

Pada tahun selanjutnya, yakni 2006, Najwa Shihab berkesempatan terpilih menjadi Senior Journalist Seminar yang berlangsung di beberapa kota di AS, serta menjadi pembicara pada Convension Asian American Journalist Association di hadapan wartawan-wartawan lainnya yang berasal dari berbagai negara. Keren kan?

Najwa memutuskan untuk berfokus secara total pada dunia jurnalistik, maka di tahun 2008, ia terbang ke Australia sebagai peraih Full Scholarship for Australian Leadership Awards dan mendalami bidang hukum media.

Najwa sedang berlibur | Foto: hipwee.com
info gambar

Najwa Shihab juga memiliki banyak prestasi dari dalam negeri lho! Seperti penerima penghargaan Panasonic Gobel Awards yang selalu masuk ke dalam nominasi presenter terpopuler atau terfavorit tiap tahunnya.

Najwa berhasil membawa 3 trofidari ajang penghargaan bergengsi tersebut, masing-masing yakni Presenter Talkshow Berita & Informasi Terfavorit (2015), Presenter Talkshow Current Affairs & News (2017), dan yang paling terbaru adalah Favorite TalkShow Presenter (2019).

Tak hanya itu Najwa juga dipercaya sebagai Highly Commended for the Best Current Affairs Presenter di Asian Television Award (2009 dan 2007),Australian Alumni Award for Journalism and Media (2009),Young Global Leader oleh The World Economic Forum (2011), Most Progressive Figure oleh Forbes Magazine (2015), The Influential Woman of The Year dari Elle Magazine (2016).

Selanjutnya dalam jajaran prestasi Najwa ada juga penghargaan National Award for Journalistic Contribution to Democracy (2010), Young Global Leader (YGL) 2011 dariWorld Economic Forum (WEF), Asian Television Awards (ATA) 2011 Pemenang Kedua atau Highly Commended.

Ternyata banyak sekali penghargaan yang melekat pada nama seorang Najwa Shihab, hal itulah yang menjadikan Najwa Shihab sebagai tokoh yang sangat menginspirasi dan sudah tidak diragukan lagi kredibilitasnya. Dalam nama tersebut juga ada suatu magnet yang sangat berpengaruh baik di Indonesia maupun Dunia.

Itu dia tentang prestasinya Mba Nana, Wah, sangat membanggakan ya Indonesia memiliki sosok seperti Najwa Shihab. Bagaimana menurut Kawan GNFI, setuju bukan?

Referensi: hipwee.com | kaltim.tribunnews.com | id.wikipedia.org

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

RN
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini