Perairan di Indonesia dengan Kemunculan Lumba-Lumba (Bagian I)

Perairan di Indonesia dengan Kemunculan Lumba-Lumba (Bagian I)

Lumba-lumba di perairan Wakatobi © Pesona Travel

Indonesia adalah negara maritim yakni negara yang memiliki wilayah perairan lebih luas daripada daratannya. Perairan Indonesia dihuni oleh beragam jenis makhluk hidup mulai dari tanaman laut hingga berbagai macam spesies satwa yang mendalaminya. Salah satu satwa yang selalu dinantikan kehadirannya dipermukaan perairan Indonesia adalah lumba-lumba. Ya, mamalia laut yang tergolong dalam hewan yang memiliki kecerdasan di antara hewan lainnya menjadi salah satu spesies yang ditunggu wisatawan saat mengunjungi laut Indonesia.

Untuk dapat melihat kemunculan lumba-lumba, berikut adalah beberapa perairan di Indonesia dengan frekeuensi kemunculan lumba-lumba yang cukup sering :

  1. Pantai Lovina, Bali
Lumba-lumba di perarian Pantai Lovina Bali | Foto : Blog Kulo

Selain terkenal dengan keindahan matahari terbenam di ujung garis laut, Bali juga menjadi tempat munculnya lumba-lumba. Biasanya, kemunculan lumba-lumba pada kisaran pukul 5 hingga pukul 8 pagi. Di atas waktu tersebut, lumba-lumba lebih senang berada di bawah permukaan air laut karena matahari yang sudah tinggi. Namun, kemunculan lumba-lumba juga bergantung pada suhu dan cuaca di wilayah perairan tersebut. Lumba-lumba tidak akan muncul ketika kondisi cuaca tidak memungkinkan.

  1. Teluk Kiluan, Lampung
Lumba-lumba di Teluk Kiluan | Foto : YouTube

Berada di desa Kiluan Negeri, kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tenggamus, Lampung Selatan, Teluk Kiluan menjadi salah satu tempat kemunculan lumba-lumba hidung botol yang beratraksi di permukaan air laut. Kawan GNFI yang ingin mengunjungi Teluk Kiluan ini dapat menggunakan moda transportasi darat dari pusat Bandar Lampung dengan waktu tempuh 3 hingga 4 jam.

  1. Perairan Misool, Raja Ampat
Perairan Raja Ampat | Foto : Skyscanner

Raja Ampat sudah tidak diragukan lagi akan keindahan alam lautnya, tidak terkecuali di perairan Misool. Jenis lumba-lumba yang sering muncul di perairan misool adalah lumba-lumba hidung botol yang ramah dan tidak takut terhadap keberadaan manusia. Oleh sebab itu, ketika lumba-lumba muncul seringkali berada di sekitar kapal dan saling berkejaran dengan lumba-lumba lainnya.

  1. Perairan Taman Nasioan Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).
Perairan Taman Nasional Pulau Komodo | Foto : Pinterest

Tidak hanya dikenal karena menjadi habitat asli hewan langka, Komodo, Taman Nasional Pulau Komodo juga menjadi tempat hidup lumba-lumba. Kemunculan lumba-lumba di perairan Taman Nasional Pulau Komodo ini biasanya pada pagi hari dengan atraksi melompat di udara. Mamalia laut ini biasanya muncul di sekitar perairan Pulau Padar dan Pulau Kalong.

  1. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur
Kepulauan Derawan | Foto : Pesona Travel

Lumba-lumba yang berada di wilayah Kepualau Derawan jumlahnya tidak sebanyak dan kemunculannya tidak sesering lumba-lumba yang berada di Teluk Kiluan dan Pantai Lovina. Lumba-lumba Kepulauan Derawan biasanya muncul ketika wisatawan berada dalam perjalanan menuju atau dari arah Pulau Maratua.

Ada beragam jenis lumba-lumba yang hidup di perairan Indonesia, antara lain lumba-lumba hidung botol, lumba-lumba moncong panjang, lumba-lumba belang, lumba-lumba samudera dan beberapa macam lainnya. Nah, dari kelima wilayah perairan di Indonesia dengan kemunculan lumba-lumba, kira-kira, daerah mana saja yang ingin Kawan GNFI kunjungi? Eits, tapi, ketika Kawan GNFI mengunjungi suatu tempat, selalu jaga kebersihan dan tidak merusak alam, ya.


Catatan kaki: liputan6 | cnn

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang33%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi33%
Pilih TerpukauTerpukau33%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Brixlion, Mesin Penggerak Pada Jam Gadang yang Hanya Ada Dua di Dunia Sebelummnya

Brixlion, Mesin Penggerak Pada Jam Gadang yang Hanya Ada Dua di Dunia

Begini Rencana Ekosistem Mobil Listrik di Bandara Soetta Selanjutnya

Begini Rencana Ekosistem Mobil Listrik di Bandara Soetta

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

Salam. Panggil saja Widi.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.