Congklak dan Maknanya Sebagai Pembentuk Karakter

Congklak dan Maknanya Sebagai Pembentuk Karakter

Di balik cara bermainnya yang sederhana, congklak menyimpan makna yang sarat akan petuah hidup © Origami Parenting

Congklak, adalah salah satu permainan tradisional yang kini mulai jarang dimainkan oleh anak-anak. Padahal, di balik cara bermainnya yang simpel, mudah dan menyenangkan, ada makna mendalam dari permainan Congklak yang merupakan permainan yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia hingga ke dataran Malaysia. Mungkin Kawan GNFI ada yang belum tahu bagaimana cara bermain Congklak. Pada artikel dengan judul Manfaat di Balik Permainan Congklak telah ditulis cara bermain Congklak. Berikut adalah makna dibalik permainan Congklak yaitu :

Dikutip dari Bagian HUMAS Pemerintah Kabupaten Bengkalis, pada papan Congklak terdapat 7 lubang kecil yang saling berhadapan sehingga totalnya ada 14 lubang kecil. Pada masing-masing lubang diisi dengan 7 buah biji Congklak. Makna angka 7 pada jumlah papan Congklak yakni jumlah hari dalam seminggu. Begitupun dengan jumlah biji Congklak yang berjumlah 7 buah artinya setiap orang memiliki waktu yang sama dalam seminggu yakni sama-sama memiliki 7 hari dalam seminggu. Kemudian, ketika biji Congklak diambil dari salah satu lubang dan mengisi lubang yang lain termasuk mengisi lubang besar, maknanya setiap hari yang dijalani akan menentukan hari berikutnya, juga menentukan atau berpengaruh pada hari orang lain. Apa yang dilakukan saat ini dapat berpengaruh pada masa depan diri sendiri dan orang lain. Setiap hal yang dilakukan dapat bermakna bagi orang lain juga bahkan dapat memperburuk hari orang lain orang lain.

Memberi dan menerima adalah hal yang selalu berdampingan dalam hidup | Foto :
andresfuentesangarita.com

Saat biji Congklak diambil dari lubang, kemudian diletakkan atau diisi ke lubang yang yang lain kemudian diambil lagi dari lubang yang lain memberikan makna bahwa dalam hidup itu harus memberi dan menerima. Tidak melulu mengambil, namun ada waktu di mana menjadi pemberi. Hal tersebut merupakan bentuk keseimbangan hidup yakni take and give. Biji yang diletakkan haruslah satu per satu, tidak boleh mengisi sekaligus ataupun melewati lubang lain atau bahkan melewati lubang miliki lawan. Hal tersebut bermakna kejujuran dalam hidup. Biji tersebut juga diletakkan pada lubang besar yang memiliki arti dalam hidup harus menabung (kebaikan) setiap harinya.

Membagikan biji dengan bertahap yakni satu per satu juga memaknakan bahwa ketika memiliki rejeki, harus dapat mengelolanya untuk masing-masing kebutuhan. Setiap kebutuhan disimbolkan dengan lubang yang mana setiap lubang atau setiap kebutuhan sudah memiliki jatahnya sendiri, sehingga tidak boleh menghabiskan biji atau rejeki yang dimiliki dalam satu kali belanja. Pun ketika mendapat rejeki yang lebih, harus disisihkan untuk ditabung di lubang yang besar milik sendiri, juga berbagi untuk lubang kecil milik lawan bermainnya yang dalam hal ini diibaratkan sebagai sesama saudara. Namun, lubang besar milik lawan tidak boleh diisi oleh pemain lain, hal tersebut merupakan kewajiban pemilik lubang besar untuk memenuhi dan menghidupi kehidpannya sendiri. Inti dari membagikan biji satu per satu adalah tidak boleh hidup secara berlebih-lebihan.

Menabung tidak hanya tentang menabung materi, namun juga menabung kebaikan | Foto : Daffa Ardhan

Perlu adanya strategi dalam bermain Congklak, oleh sebab itu, makna dalam hidup adalah persaingan yakni fastabiqul khoirot atau berlomba-lomba dalam kebaikan. Namun, meskipun bersaing masing-masing pemain tidak bermusuhan karena mungkin tujuan dari pemain Congklak lainnya sama dengan tujuan pemain lainnya. Oleh sebab itu, strategi sangat diperlukan guna mencapai tujuan tanpa harus melukai orang lain. Pemenang dari pemainan Congklak adalah pemain yang berhasil mengumpulkan biji paling banyak di lubang besar. Maksud dari biji di lubang besar adalah tabungan yang selama hidup telah dilakukan yakni berupa perbuatan baik. Mereka yang menang hakikatnya adalah yang amal baiknya paling banyak dan hidupnya bermanfaat bagi orang lain.

Begitu dalam makna yang ada di balik permainan Congklak. Berterimakasihkan pada orang-orang yang dulu telah menciptakan dan mengajarkan permainan Congklak. Karena melalui permaian yang sederhana ini, secara tidak langsung dapat membentuk karakter anak-anak yang merupakan generasi penerus dan penerima tongkat estafet kepemimpinan untuk membawa Indonesia terbang lebih tinggi.


Catatan kaki: wikipedia | humas bengkalis

Pilih BanggaBangga33%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi67%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Fantastis! 10 Makanan Indonesia Ini Mahal di Luar Negeri! Sebelummnya

Fantastis! 10 Makanan Indonesia Ini Mahal di Luar Negeri!

Bersenyawa dengan Kukila: Harmoni Hidup antara Manusia dengan Kukila di Hutan Kemuning Selanjutnya

Bersenyawa dengan Kukila: Harmoni Hidup antara Manusia dengan Kukila di Hutan Kemuning

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

Salam. Panggil saja Widi.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.