Apa yang Paling Dicari Orang Indonesia di Google? Ini Rangkumannya!

Apa yang Paling Dicari Orang Indonesia di Google? Ini Rangkumannya!

Salah satu sesi dalam acara Google In Search 2019 © Google Indonesia

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Google Indonesia mempublikasikan laporan keyword yang paling sering dicari selama tahun 2019, pada acara Google In Search 2019 di kawasan SCBD, Jakarta, Rabu (11/12). Dari lima keywords populer yang disebutkan, terselip kata "bucin".

Terdengar familiar, kan? Terus kenapa ya kata "bucin" bisa masuk pencarian terpopuler?

Dua konten kreator ternama asal Indonesia, Andovi Da Lopez dan Jovial Da Lopez, mengklaim bahwa kata "bucin" tercipta dari jokes yang mereka jadikan konten pada YouTube mereka di tahun 2015.

Untuk memberikan bukti bahwa kata tersebut memang hasil dari kreativitas spontan mereka, pada acara Google In Search 2019, YouTuber kakak beradik tersebut menunjukkan video spesial kepada para peserta.

Selain kata "Bucin", kata-kata lain yang masuk dalam kategori "Apa Itu.." adalah "Ferguso", "Gerd", "KKN", "Unicorn", "Japri", "Mukbang", "Podcast", "Santuy", dan "Halu".

Google In Search merupakan acara rutin yang diselenggarakan oleh Google di setiap negara, untuk memberikan informasi mengenai topik apa saja yang menjadi tren dalam peningkatan penelusuran yang terjadi di setiap negara.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Veronica Utami, Head of Marketing Indonesia, Philiphines & SEA NBU.

Bagi Veronica, acara pada tahun ini adalah titik di mana masyarakat Indonesia kian peduli terhadap informasi. Hal tersebut menjadikannya sebagai penggerak harapan dan perubahan demi indonesia yang lebih baik.

Veronica Utami | Foto: Dok. Google Indonesia

Kata kunci lainnya yang menempati daftar 10 teratas dalam Google In Search 2019 di Indonesia adalah "Cinta Luar Biasa" yang menjadi trending kata pada tahun 2019. "Cinta Luar Biasa" merupakan lagu dari Andmesh Kamaleng, seorang musisi kelahiran Nusa Tenggara Timur Indonesia.

Lagu-lagu lainnya adalah Kemarin (Seventeen), Lily (Alan Walker,K-391 & Emelie Hollow), Celengan Rindu (Fiersa Besari), Senorita (Shawn Mendes, Camila Cabello), Hanya Rindu (Andmesh), Solo (Jennie), On My Way (Alan Walker, Sabrina Carpenter & Farruko), I Love You 3000 (Stephanie Putri), dan A Whole New World (ZAYN, Zhavia Ward).

Keyword selanjutnya dalam top 10 trending di Google adalah "Pilpres 2019", "Dua Garis Biru", "Hidup Sehat", "Bucin", "KKN di Desa Penari", "Telur Gulung", "Keluarga Cemara", "Nadiem Makarim", dan "RUU KHUP".

Top 10 Google In Search 2019 | Foto: Dok. Google

Ternyata selain informasi seputar berita, fenomena sosial seperti pencarian gaya hidup sehat kini menjadi topik favorit masyarakat Indonesia. Dari pencarian cara menghitung berat badan ideal, cara menurunkan kolesterol, cara diet alami, hingga resep makanan dan minuman hidup sehat.

Peminat film Indonesia juga meningkat, menjadikan film Dua Garis Biru karya Ginatri S. Noer dan Keluarga Cemara garapan Yandi Laurens masuk ke top 10 trending Google Search In Year 2019.

"Populernya pencarian tentang Pilpres 2019 menjadi tolak ukur masyarakat Indonesia bahwa Rakyat Indonesia peduli terhadap masa depan bangsa," kata Veronica Utami.

Oh iya! Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru, Nadiem Makarim, juga masuk lho dalam jajaran Top 10 Google In Search 2019.

Penelusuran yang masuk ke dalam topik tokoh, selain mantan pendiri dan bos Gojek tersebut adalah BTS, Edhy Prabowo, Blackpink, Wishnutama, Thareq Kemal Habibie, Reino Barack, Syahrini, Sandiaga Uno, dan Wiranto.***

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah jika sakit
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang17%
Pilih Tak PeduliTak Peduli33%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi17%
Pilih TerpukauTerpukau33%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Ketika Pemilu Kalah Populer dari Sebuah Lagu Sebelummnya

Ketika Pemilu Kalah Populer dari Sebuah Lagu

Ketika Para Seniman Ajak Masyarakat Atasi Covid-19 Lewat Pertunjukan Di Dunia Maya Selanjutnya

Ketika Para Seniman Ajak Masyarakat Atasi Covid-19 Lewat Pertunjukan Di Dunia Maya

Raka Nugraha
@rakanugraha

Raka Nugraha

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.