Belajar Aksara Jawa Sekarang Bisa dari Aplikasi

Belajar Aksara Jawa Sekarang Bisa dari Aplikasi

Belajar Aksara Jawa © https://buatdisini.com

Sebagaimana kamu ketahui, Indonesia diberkahi dengan kekayaan alam yang melimpah dan budaya yang beraneka ragam. Salah satunya adalah kebudayaan Jawa. Menariknya, budaya Jawa tidak hanya terbatas pada pakaian, alat musik, dan senjata, tapi juga huruf yang disebut aksara Jawa.

Kendati tampak sepele, mempelajari aksara Jawa sangat penting. Mengapa?

Menjaga keluhuran sastra

Meskipun bahasa dan aksara Jawa sulit dipelajari karena memiliki unsur sastra yang kuat, ketika kamu membaca atau mempelajarinya, kamu akan menemukan bagaimana bahasa Jawa begitu santun dan penuh estetika.

Menjaga warisan budaya

Aksara Jawa merupakan salah satu peninggalan budaya yang sangat bernilai, maka wajib dilestarikan. Salah satu caranya adalah dengan mempelajari aksara Jawa.

Jika dipelajari secara mendalam, kamu akan menemukan fakta bahwa aksara Jawa dibuat dengan seni yang kuat. Setiap bentuk aksara Jawa juga dibuat dengan filosofi yang menarik. Tidak heran, jika bentuk aksara Jawa terasa begitu sarat makna.

Mengenalkan simbol kedaerahan

Dengan mempelajari aksara Jawa secara tidak langsung, kamu telah mengenalkan simbol kedaerahan. Hal ini sangat penting untuk memperluas penggunaan aksara Jawa yang saat ini hanya terbatas pada ruang kelas saja.

Aplikasi Aksara Jawa dari Penulis Artikel

4 Aplikasi untuk belajar Aksara Jawa

Bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari aksara Jawa, tak perlu cemas karena kini tersedia aplikasi belajar aksara Jawa yang dapat diunduh melalui ponsel. Dengan aplikasi ini, kamu akan lebih cepat memahami dan menguasai Aksara Jawa.

Adapun beberapa aplikasi aksara Jawa yang dapat kamu coba, antara lain sebagai berikut.

Nulis Aksara Jawa

Aplikasi ini dikembangkan oleh Uzan Media. Nulis Aksara Jawa menawarkan berbagai fitur yang sangat membantu dalam mempelajari Bahasa Jawa.

Mulai dari konversi huruf latin menjadi aksara jawa, konversi tulisan aksara Jawa menjadi huruf latin, kebebasan mengetik aksara Jawa, hingga memungkinkan hasil konversi disimpan dalam bentuk gambar.

Tampilan dari aplikasi ini juga bagus dan responsif. Bagi kamu yang akan mempelajari bahasa Jawa dari dasar, aplikasi Nulis Aksara Jawa ini sangat membantu untuk mengenal berbagai bentuk aksara Jawa.

Aksara Jawa

Aplikasi yang dikembangkan oleh Hirson ini dirancang untuk dapat mengonversi satu kata atau satu kalimat secara instan. Kamu bisa mempelajari berbagai aksara Jawa dengan menggunakan aplikasi ini, seperti aksara Jawa dan Pasangan, Aksara Murda dan Pasangan, Aksara Swara, Aksara Rekaan, Aksara Wilayan, hingga Sandhangan.

Tampilan aplikasi ini juga sederhana, sehingga kinerjanya cukup powerful dan nyaman digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak dan pelajar.

Hanacarakan

Hanacarakan dikembangkan oleh Balai Telkomdik Dinas Dikpora DIY. Aplikasi ini dibuat sebagai bentuk dukungan pelestarian budaya bangsa. Grafis yang digunakan pada Hanacarakan sangat menarik dan diperkuat dengan fitur yang bagus dan lengkap.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mempelajari bahasa Jawa hingga ke sejarah, filosofi, bahkan memberikan informasi tambahan mengenai pentingnya bahasa Jawa.

Belajar Bahasa Jawa plus Suara

Aplikasi Belajar Bahasa Jawa plus Suara ini bukan hanya mengenalkan kamu pada aksara Jawa saja. Kamu juga bisa mendengar bagaimana cara pengucapan bahasa Jawa yang benar.

Aplikasi yang didesain untuk anak- anak ini memiliki tampilan yang simpel, sangat mudah digunakan, dan interaktif. Meskipun demikian, aplikasi ini juga bisa digunakan oleh orang dewasa yang ingin mengenal budaya dan bahasa Jawa lebih dalam.

Demikianlah sejumlah rekomendasi aplikasi aksara Jawa terbaik yang dapat kamu coba. Jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu ya!

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli50%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi50%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Satukan Visi di Hari Bela Negara Indonesia Sebelummnya

Satukan Visi di Hari Bela Negara Indonesia

Dinilai Efektif Atas Banjir, Terowongan Nanjung Diresmikan Selanjutnya

Dinilai Efektif Atas Banjir, Terowongan Nanjung Diresmikan

Mutiara Harum
@kennuguy

Mutiara Harum

Freelancer

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.