Hanya di Wamena, Ada Pasir Putih di Atas Bukit

Hanya di Wamena, Ada Pasir Putih di Atas Bukit
info gambar utama

Wamena adalah ibukota dari kabupaten Jaya Wijaya, provinsi Papua. Salah satu daerah yang berada di gugus timur Indonesia ini memiliki sebuah keajaiban kecil. Keajaiban tersebut hanya dapat ditemui di Wamena yakni adanya pasir putih di datataran tinggi Wamena. Berada di ketinggian sekitar 1600 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 15 hingga 18 derajat celcius, beberapa daerah yang berada di dataran tinggi memiliki hamparan pasir putih layaknya pasir yang ditemui di tepi pantai. Beberapa daerah dataran tinggi tersebut ada di Distrik Pisugi yakni Desa Aikima, Kampung Tulem dan Habema.

Pasir putih di dataran tinggi tersebut seakan “mengalir” di antara hijaunya perbukitan yang diselipi bebatuan. Mungkin sempat terpikirkan di benak Kawan GNFI, dari mana datangnya pasir putih nan lembut yang selayaknya ada di pantai dengan cuaca yang terik?

Pasir Putih di Bukit Sulumpa Wamena | Foto : detiktravel
info gambar

Ternyata, adanya pasir putih di dataran tinggi Wamena ini sudah ada sejak dahulu, hanya saja hamparan pasir putih tersebut dulunya bukan dalam bentuk dataran, namun sebuah danau besar yang bernama Danau Wio yang kini bernama Lembah Baliem. Dikutip dari laman Peson Indonesia, pada tahun 1813 terjadi sebuah gempa bumi dahsyat yang mengakibatkan pergerseran lempeng bumi dan perubahan geologi. Pasca kejadian tersebut, air Danau Wio mulai mengering hingga surut yang kini terbentuklah sebuah lembah yang berisi pasir putih yang berasal dari dasar Danau Wio. Air dari Danau Wio tidak hilang begitu saja, namun berubah menjadi sungai yang kini dinamakan sungai Baliem. Mulai saat itu hingga ini, terbentuklah hamparan pasir putih di Lembah Baliem dan sungai Baliem yang semakin mewarnai kehidupan masyarakat setempat yakni Suku Dani.

Fakta lain bahwa Lembah Baliem merupakan terbentuk dari danau yang mengering adalah dengan mudahnya menemukan bebatuan karang serta sisa-sisa rumah kerang yang tersebar di hamparan pasir putih tersebut. Hal inilah yang disebut sebagai keajaiban kecil dari Wamena, Lembah Baliem dengan hamparan pasir putih yang terbentuk secara alami dari fenomena alam. Selain keindahan pasir putih yang menghiasi haijaunya perbukitan, keindahan lain yang ditemukan di dataran tinggi Wamena ini adalah ditemukannya bunga-bunga indah yang sukar ditemui dan tumbuh di tempat lain. Salah bunga-bunga tersebut adalah bunga terompet dan bunga matahari.

Penasaran? Ingin mengunjungi hamparan pasir putih di Wamena?

Pasit Putih | Foto : detiktravel
info gambar

Lembah Baliem letaknya tidak jauh dari pusat kota Wamena, yakni kisaran 15 hingg 20 menit jika dijangkau dengan kendaraan bermotor. Setelah sampai di lokasi, pengunjung dikenai biaya sukarela oleh masyarakat setempat yang mengelola obyek wisata pasir putih Lembah Baliem. Pasir putih di Lembah Baliem ini merupakan salah satu potensi pariwisata di Wamena yang jika dikelola secara resmi oleh pemerintah dan dengan publikasi yang maksimal, akan menjadi magnet bagi wisatawan yang mengunjungi wilayah timur Indonesia. Oleh sebab itu, perlu adanya kerjasama antara pemerintah setempat dan masyarakat lokal untuk secara serius mengembangkan potensi wisata pasir putih di Lembah Baliem dan beberapa titik pasir putih lainnya.


Catatan kaki: pesona Indonesia | okezone

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini