Beragam Infrastruktur Digital di Bandara Soetta

Beragam Infrastruktur Digital di Bandara Soetta
info gambar utama
  • Mengenal beragam infrastruktur digital di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
  • Terdapat tiga infrastruktur digital yang telah dioperasikan di bandara ini.
  • Ketiganya termasuk konsep Digitally Ready Enterprise yang dikembangkan PT. Angkasa Pura II.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta terus berbenah untuk mengakomodasi kebutuhan para pelanggan. Salah satunya dengan menjalankan transformasi digital, guna mempercepat peningkatan standar operasional dan pelayanan di bandara-bandara perseroan.

Dikutip dari siaran pers yang diterima GNFI, digitalisasi di bandara bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan traveler atau penumpang pesawat saat ini yang sekitar 60-70 persen berasal dari kalangan milenial.

Konsep yang dikembangkan di PT. Angkasa Pura II disebut dengan Digitally Ready Enterprise dengan mengedepankan pemanfaatan state of the art technology dalam implementasi transformasi digital perusahaan.

Lantas, apa saja digitalisasi yang sudah diterapkan di bandara ini? Berikut adalah daftarnya di aspek infrastruktur:

Airport Operation Control Center (AOCC)

AOCC Bandara Soetta | Foto: Angkasa Pura II
info gambar

Gedung AOCC terletak di kawasan perkantoran Soekarno-Hatta, dilengkapi dengan perangkat dan perlengkapan modern guna memantau seluruh aktivitas bandara.

Personil AOCC berasal dari PT. Angkasa Pura II, maskapai, ground handling, Otoritas Bandara, Bea dan Cukai, Imigrasi, Karantina, dan AirNav. Seluruh stakeholders berkolaborasi di AOCC untuk mewujudkan efektivitas dan efisiensi penerbangan.

Pada intinya, AOCC merupakan wadah kolaborasi di antara stakeholders, sehingga tercipta Airport Collaborative Decision Making (ACDM).

BACA JUGA: Silangit Berbenah Demi Sang Danau Raksasa

Terminal Operation Center (TOC)

TOC terletak di setiap terminal, yaitu Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3 dan Terminal Kargo. Fungsi dari TOC adalah sebagai pos komando terintegrasi guna memastikan fungsi dari masing-masing unit seperti keamanan, operasional dan pelayanan dapat berjalan maksimal di setiap terminal.

Personil TOC selalu berkoordinasi dengan AOCC guna menjamin kelancaran operasional bandara. Empat TOC di Bandara Internasional Soekarno-Hatta ini mengandalkan keberadaan 2.000 CCTV yang beroperasi dalam 24 Jam.

BACA JUGA: Ruang Kerja Premium Pertama di Bandara Indonesia Telah Dibuka!

iPerform Apps

PT. Angkasa Pura II kini memiliki platform aplikasi iPerform di iOS dan Android yang hanya dapat diakses oleh kalangan internal dan menjadi alat bantu operasi internal.

Aplikasi ini dapat membantu memantau aktivitas di bandara seperti status parking stand, garbarata, data TOC, toilet, hingga terkait bisnis.

Melalui iPerform, pengoperasian bandara dapat menjadi lebih mudah serta memastikan keberlangsungan pelayanan prima kepada seluruh pengguna jasa di bandara.**

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini