Bangga! Pencak Silat Resmi Jadi Warisan Budaya Dunia

Bangga! Pencak Silat Resmi Jadi Warisan Budaya Dunia

Pencal Silat menjadi salah satu cabang olah raga yang ada di berabagai ajang kejuaraan di tingkat internasional seperti Seagames dan Asian Games © Klikdokter

PBB melalui UNIESCO atau Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan telah memasukkan tradisi pencak silat ke dalam daftar perwakilan dari Warisan Budaya Tak Benda Kemanusiaan. Melalui sidang ke 14 Komite Warisan Budaya Tak Benda UNESCO yang diselenggarakan di Bogota, Kolombia, akhirnya Pencak Silat ditetapkan menjadi Warisan Budaya Dunia, tepatnya pada 12 Desember 2019 jam 9.59 pagi waktu Bogota. Penetapan tersebut disampaikan oleh Pimpinan Sidang Komite yakni Madam Maria Claudia Lopez Sorzano selaku Wakil Menteri Kebudayaan dan Rekreasi dari Kolombia.

Sidang yang berlangsung pada 9 hingga 14 Desember 2019 ini memiliki 42 nominasi untuk diinkripsi menjadi Warisan Budaya Tak Benda, salah satunya adalah Pencak Silat dari Indonesia. Pencak silat ditetapkan menjadi bagian Warisan Budaya Tak Benda karena memenuhi seluruh elemen pembentuknya. Pencak silat tidak hanya sekadar sebuah seni bela diri, namun juga sebagai bagian dari kurikulum seni dan budaya serta jalan hidup bagi para pelakunya yakni mengajarkan hubungan baik dengan Tuhan, sesama dan lingkungan.

Delegasi dari Indonesia yang mengikuti Komite Warisan Budaya Tak Benda UNESCO adalah Surya Rosa Putra Deputi Wakil Teteap RI untuk UNESCO, Priyo Iswanto Duta Besar Indonesia untuk Kolombia, Nadjamuddin Ramly Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Gubernur Sumatra Barat dan beberapa delegasi lainnya. | Foto : Akun instagram resmi milik Ditjen Kedayaan RI.

Pencak Silat diusulkan ke UNESCO oleh pemerintah melalui Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan. Alur pengajuan pencak silat sebelum menuju UNESCO adalah melalui tahapan perncatatan dan penetapan terlebih dahulu. Tahapan tersebut dapat diakses di laman resmi warisanbudaya.kemendikbud.go.id dengan mengisi formulir dan dokumentasi perihal Pencak Silat. Setelahnya, Pencak Silat masuk sebagai data pencatatan yang akan menjadi usulan pentetapan. Proses penetapan ini dimulai dari usulan Dinas Kebudayaan Provinsi kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang akan dibahas oleh Tim Ahil Warisan Budaya Tak Benda. Akhirnya, naskah Pencak Silat yang berjudul The Tradition Of Pencak Silat telah diterima Sekretariat Intergovernmental Committee UNESCO sejak Maret 2017.

Pencak Silat merupakan salah satu seni bela diri khas Indonesia yang sudah diteruskan dari generasi ke generasi, hingga kini terdapat komunitas, perguruan dan festival Pencak Silat yang ada di 52 negara di dunia. Dengan ditetapkannya Pencak Silat sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO, kini Indonesia memiliki 10 Warisan Budaya Tak Benda yakni Wayang, Batik, Pelatihan Batik, Angklukng, Tari Saman, Noken, Tiga Genre Tradisi Tari Bali, Kapal Pinisi dan yang terbaru adalah Pencak Silat.

Catatan Kaki : tirto.id | cnbc

Pilih BanggaBangga33%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang22%
Pilih Tak PeduliTak Peduli6%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi11%
Pilih TerpukauTerpukau28%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Kenalkan, Inilah Tank Pemadam Kebakaran Buatan Indonesia Sebelummnya

Kenalkan, Inilah Tank Pemadam Kebakaran Buatan Indonesia

Bersenyawa dengan Kukila: Harmoni Hidup antara Manusia dengan Kukila di Hutan Kemuning Selanjutnya

Bersenyawa dengan Kukila: Harmoni Hidup antara Manusia dengan Kukila di Hutan Kemuning

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

Salam. Panggil saja Widi.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.