Gebrakan Teknologi Inisiasi Donasi di Bumi Pertiwi

Gebrakan Teknologi Inisiasi Donasi di Bumi Pertiwi
info gambar utama

Menginjak revolusi industri 4.0 banyak sekali perubahan yang sudah terjadi. Seperti halnya perkembangan teknologi yang ada. Perkembangan teknologi tersebut tentunya harus diiringi dengan sebuah manfaat untuk lingkungan sekitar.

Bertemakan “Kolaborasi 4.0 Ketika Teknologi Hadir”, Festival Relawan 2019 membuat sebuah sesi berupa panel teknologi yang membahas bagaimana manfaat perkembangan teknologi di indonesia untuk kerelawanan.

Tiga gebrakan teknologi, GoPay For Good, Change.org, dan Indorelawan, adalah tiga dari banyaknya inisiasi donasi pada era saat ini.

GoPay seperti yang sudah Kawan GNFI ketahui merupakan dompet virtual untuk menyimpan Gojek Credit, yang bisa digunakan untuk membayar transaksi-transaksi berkaitan dengan layanan di dalam aplikasi Gojek.

Kini, GoPay memiliki fitur terbaru yaitu GoPay For Good. Fitur yang diinisiasi karena banyaknya bencana alam pada 2018 ini dapat digunakan untuk berdonasi, lho!

GoPay For Good | Foto: antaranews.com
info gambar

Awalnya fitur ini bertujuan untuk penggalangan dana saat terjadi bencana alam. Namun seiring berjalannya waktu, bukan hanya untuk bencana alam, fitur ini juga dapat digunakan untuk berdonasi pada isu lain, seperti komunitas kerelawanan.

Respon masyarakat pun sangat bagus dan antusias terhadap program ini. Sudah ada 400 organisasi yang tergabung, termasuk rumah ibadah.

Dengan adanya GoPay For Good, masyakat menjadi dapat mengenal lebih banyak komunitas ataupun organisasi yang berhubungan dengan kerelawanan dan dapat memberikan sumbangsih berupa donasi.

Cara berdonasinya pun mudah. Cukup dengan memindai QR Code, Kawan GNFI hanya perlu masuk ke aplikasi Gojek dan memilih icon 'Pay' pada bar berwarna biru.

Lalu kamera akan terbuka dan kalian perlu melakukan scan QR Code ke banner komunitas atau organisasi yang berisi kode QR. Selanjutnya akan diarahkan untuk memasukkan nominal yang ingin kalian donasikan.

Setelah mengisi jumlah nominal, pilih 'Konfirmasi'. Jika sudah, langsung pilih 'Bayar' dan masukan PIN Go-Pay. Donasi pun berhasil kalian lakukan.

Berbeda dengan GoPay yang mengajak masyarakat untuk berdonasi lewat aplikasi, Change.org mengajak masyarakat untuk mengumpulkan suara dalam bentuk petisi.

Berawal dari keresahan banyak orang yang ingin melakukan perubahan tapi bingung bagaimana memulainya, perubahan tersebut pun dapat dimulai lewat Change.org.

Change.org sendiri adalah sebuah platform untuk mencapai kemenangan sosial. Petisi di change.org dapat dilakukan oleh semua orang.

Cara kerjanya sederhana, hanya dengan mendaftarkan petisi via online saja. Setelah petisi terkumpul, jangan berhenti sampai terkumpulnya tanda tangan petisi, tapi jadikan sebuah petisi tersebut menjadi kampanye yang dapat menarik perhatian sehingga dapat diatasi.

Pilihan isu pada petisi | Foto: change.org
info gambar

Tidak hanya dengan petisi, Kawan GNFI juga dapat berdonasi pada tiap petisi yang ada. Mulai dari petisi tentang hewan, hak asasi manusia, kesehatan, keadilan ekonomi, politik, lokal, lingkungan, hingga hak-hak perempuan semua ada.

Senada dengan dua hal di atas, wadah kerelawanan yaitu Indorelawan pun juga hadir dalam perkembangan teknologi sekarang.

Indorelawan ialah sebuah sekelompok orang-orang biasa yang ingin menjadi bagian dari usaha dalam membuat Indonesia menjadi lebih baik, dengan membawa misi untuk membuat kolaborasi antar-relawan dan komunitas berupa misi sosial supaya menjadi lebih mudah.

Indorelawan bersama komunitas lain | Foto: twitter.com/indorelawan
info gambar

Berawal dari kegelisahan dengan akan kurangnya wadah kerelawanan di Indonesia, Indorelawan pun hadir lewat kampanye di Facebook hingga mempunyai website indorelawan.org seperti sekarang ini.

Indorelawan yang bertujuan untuk menghidupkan semangat ini sudah memiliki 132.385 relawan, 2.343 organisasi, dan 4.936 aktivitas kerelawanan di Indonesia.

Digadang menjadi organisasi dengan situsweb kerelawanan nomor satu untuk aktivitas kerelawanan, Indorelawan tidak hanya sebatas itu. Kawan GNFI juga dapat melakukan donasi untuk segala aktivitas kerelawanan pada Indorelawan.

Dengan tagline “Ubah Niat Baik Jadi Aksi Baik Hari Ini!”, setiap rupiah yang didonasikan dapat terus memberikan layanan gratis bagi 2.343 organisasi sosial dalam menjalankan misinya, mulai dari mengajar anak-anak putus sekolah, mengurangi dampak kerusakan lingkungan hingga kampanye hak asasi manusia.**

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini