Dua Pemain Indonesia di Daftar Pemain Tertajam AFF

Dua Pemain Indonesia di Daftar Pemain Tertajam AFF
info gambar utama
  • Kurniawan Dwi Yulianto dan Bambang Pamungkas masuk daftar 10 pemain tertajam di turnamen AFF.
  • Kurniawan dengan 13 gol, sedangkan Bambang mengumpulkan 12 gol.
  • Torehan keduanya mungkin akan sangat sulit disamai pemain Indonesia lainnya.

Di daftar 10 pemain tertajam di kejuaraan AFF (Asia Tenggara), terdapat dua nama pemain Indonesia. Mereka adalah Kurniawan Dwi Yulianto, dan Bambang Pamungkas yang baru saja pensiun kemarin (17/12).

Kurniawan berada di urutan ke-6 dengan 13 gol. Pemain berjuluk 'Si Kurus' itu mencetak empat gol di Piala Tiger 1996, satu gol di Piala Tiger 1998, tiga gol di Piala Tiger 2000, dan lima gol di Piala Tiger 2004.

Meski demikan, tak sekalipun Kurniawan mengakhiri turnamen AFF dengan menyabet gelar top skor. Di Piala Tiger 2004 yang menjadi turnamen tersuburnya, ia kalah tajam dari tandemnya, Ilham Jaya Kesuma, yang menceploskan tujuh gol.

BACA JUGA: Piala Tiger, Arena Bertarung Predator Asia Tenggara

Sementara itu, Bambang Pamungkas berdiri tepat di bawah Kurniawan dalam daftar 10 pemain tertajam AFF. Bepe, sapaan akrabnya, mengoleksi 12 gol dan menempati peringkat 7, bersama legenda Thailand, Kiatisuk Senamuang.

Bepe membagi 12 golnya di turnamen AFF dengan delapan gol di Piala Tiger 2002, dua gol di Piala AFF 2008, dan sepasang gol di Piala AFF 2010.

Berbeda dengan Kurniawan, Bepe sempat sekali merasakan gelar top skor. Itu didapatnya di Piala Tiger 2002. Kamboja dan Filipina menjadi ladang gol Bepe kala itu, masing-masing dengan hat-trick dan quat-trick.

Raihan jumlah gol Kurniawan dan Bepe yang sama-sama lulusan Diklat Salatiga ini mungkin akan sangat sulit dikejar pemain Indonesia, sebab sejauh ini belum ada pemain Indonesia lagi yang masuk 10 besar.

BACA JUGA: Deretan Rekor Fantastis Bambang Pamungkas

Peringkat 10 saat ini ditempati Khairul Amri (Singapura) dan Adisak Kraisorn (Thailand) dengan 10 gol. Mereka bahkan berpeluang menambah pundi-pundi golnya, karena masih aktif bermain.

Sementara itu di posisi puncak masih ditempati Noh Alam Shah. Penyerang legendaris Singapura yang juga pernah bermain di Arema tersebut secara total mengoleksi 17 gol di turnamen Asia Tenggara. Dulu turnamennya bernama Piala Tiger, dan sejak 2008 berganti ke AFF Suzuki Cup.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini