Deretan Rekor Fantastis Bambang Pamungkas

Deretan Rekor Fantastis Bambang Pamungkas
info gambar utama
  • Menengok deretan rekor-rekor individu Bambang Pamungkas sepanjang kariernya.
  • Bepe adalah pemain dengan jumlah penampil terbanyak di Indonesia.
  • Rekor-rekornya di bawah ini akan sangat sulit disamai bahkan dipecahkan pemain lain.

Sepak bola Indonesia melepas satu lagi legenda hidupnya. Selasa (17/12) tadi malam, Bambang Pamungkas menjalani laga terakhirnya sebagai pesepak bola profesional.

Selama 20 tahun berkarier di lapangan hijau, pemain yang identik dengan nomor punggung 20 ini telah menorehkan beragam rekor fantastis. Rekor-rekor ini juga mungkin akan sangat sulit didekati pemain Indonesia lainnya.

Jumlah caps terbanyak

Di timnas Indonesia, Bambang Pamungkas mencatatkan 86 caps sepanjang membela tim Garuda dari tahun 1999 sampai 2012. Pemain timnas Indonesia saat ini belum ada yang mendekati raihan tersebut, bahkan masuk 10 besar pun tidak. Di 10 besar, jumlah caps terminim adalah 53.

Top skor kedua sepanjang masa di timnas

Top skor Indonesia sepanjang masa memang belum beranjak dari Soetjipto Soentoro, maka Bepe harus puas dengan statusnya sebagai penyerang tersubur kedua di tim Garuda.

Jumlah gol Bepe adalah 38, sedangkan pemain yang masih aktif sekarang hanya Boaz Solossa (14 gol) dan Irfan Bachdim (12 gol) yang sanggup mendekatinya.

BACA JUGA: Laga Pamungkas Bambang Pamungkas

Gol terbanyak di satu klub Indonesia

Tak kurang dari 200 gol diceploskan pemain kelahiran Getas, Jawa Tengah, ini selama berseragam Persija Jakarta. Ini adalah torehan gol terbanyak di satu klub Indonesia. Dengan situasi sepak bola zaman sekarang yang pemainnya jarang awet di satu klub, akan sangat sulit memecahkan rekor ini.

Ikon sepak bola Asia 2017

AFC pada tahun 2017 menobatkan Bambang Pamungkas sebagai ikon sepak bola Asia. Kriterianya didasarkan pada citra Bambang Pamungkas yang tidak hanya sekadar legenda sepak bola, tapi juga legenda negara.

10 besar pemain tertajam di kejuaraan AFF

Untuk lingkup kejuaraan AFF (Asia Tenggara), Bambang Pamungkas masuk 10 besar pemain tertajam bersama Kurniawan Dwi Yulianti0. Bepe dengan 12 gol, sedangkan Kurniawan mencetak 13 gol. Peringkat pertama ditempati penyerang legendaris Singapura, Noh Alam Shah, dengan 17 gol.

BACA JUGA: Piala Dunia U-20 2021 Bukan Garis Finis

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini