Inilah Bintang dan Planet dari Rasi Centaurus yang Diambil dari Bahasa Nias

Inilah Bintang dan Planet dari Rasi Centaurus yang Diambil dari Bahasa Nias

illustration © Unsplash.com

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Saudara-saudara kita di Nias, pun kita masyarakat Indonesia layak berbangga karena bahasa milik suku Nias digunakan untuk nama dua benda luar angkasa. Bahasa dari suku Nias itu digunakan untuk pemberian nama dari Bintang HD 117618 beserta planet yang mengitarinya yaitu HD 117618b oleh Persatuan Astronomi Internasional atau International Astronomical Union (IAU). Indonesia akhirnya memilih kata Noifasui untuk planet HD 117618 b. Sedangkan bintang HD 117618 diberikan nama Dofida. Dalam pengumuman tersebut, Dofida berarti bintang kita, sedangkan Noifasui dapat diartikan telah mengelilingi.

Kabar itu diumumkan dalam sebuah unggahan di media sosial Himpunan Astronomi Indonesia. Aku tersebut menjelaskan jika Indonesia mendapat amanah memberikan nama untuk sistem planet yang berada di rasi Centaurus. Rasi tersebut terletak di belahan langit selatan, sehingga mereka yang tinggal di Indonesia dapat terus menyaksikannya di langit malam.

"Nama Noifasui untuk eksoplanet dan Dofida untuk bintang tersebut diambil dari bahasa Nias. Dofida berarti bintang kita sedangkan Noifasui dapat diartikan telah mengelilingi. Jadi, planet Noifasui telah dan akan terus mengelilingi bintang kita, Dofida," tulis HAI.

Dilansir dari LangitSelatan.com, nama Dofida dan Noifasui diusulkan oleh Modesta Telaumbanua dari Nias, Sumatera Utara, dengan harapan agar seluruh manusia dapat terus menyaksikan cahaya bintang ini di langit malam. Meskipun tentu saja, untuk melihat bintang Dofida diperlukan teleskop karena kecerlangan bintang ini termasuk redup untuk bisa dilihat dengan mata tanpa alat.

Dofida dan Noifasui mengangkat tema istilah dan frasa terkait bintang dan planet serta kondisi fisiknya dalam bahasa Nias yang banyak digunakan di Pulau Nias dan Pulau Batu di bagian timur laut Indonesia.

Bintang Dofida berasal dari gabungan kata "dofi", yang berarti bintang, dan "da", yang berarti kita. Jadi, Dofida bermakna bintang kita. Sedangkan planet Noifasui berasal dari gabungan kata “ifasui”, yang berarti mengelilingi, dan "no", yang berarti telah dan terus terjadi sampai saat ini. Dengan demikian, bisa dimaknai bahwa dalam sistem keplanetan ini, planet Noifasui mengelilingi bintang kita, Dofida.

(Dari berbagai sumber)

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga33%
Pilih SedihSedih17%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi17%
Pilih TerpukauTerpukau33%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Ludruk dan Ketoprak, Dua Teater Tradisional Yang Bebeda Sebelummnya

Ludruk dan Ketoprak, Dua Teater Tradisional Yang Bebeda

Program BEKUP 2020 Dibuka, Startup di Daerah Diharapkan Bisa Lahirkan Inovasi Baru Selanjutnya

Program BEKUP 2020 Dibuka, Startup di Daerah Diharapkan Bisa Lahirkan Inovasi Baru

Akhyari Hananto

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.