Inilah Bintang dan Planet dari Rasi Centaurus yang Diambil dari Bahasa Nias

Inilah Bintang dan Planet dari Rasi Centaurus yang Diambil dari Bahasa Nias
info gambar utama

Saudara-saudara kita di Nias, pun kita masyarakat Indonesia layak berbangga karena bahasa milik suku Nias digunakan untuk nama dua benda luar angkasa. Bahasa dari suku Nias itu digunakan untuk pemberian nama dari Bintang HD 117618 beserta planet yang mengitarinya yaitu HD 117618b oleh Persatuan Astronomi Internasional atau International Astronomical Union (IAU). Indonesia akhirnya memilih kata Noifasui untuk planet HD 117618 b. Sedangkan bintang HD 117618 diberikan nama Dofida. Dalam pengumuman tersebut, Dofida berarti bintang kita, sedangkan Noifasui dapat diartikan telah mengelilingi.

Kabar itu diumumkan dalam sebuah unggahan di media sosial Himpunan Astronomi Indonesia. Aku tersebut menjelaskan jika Indonesia mendapat amanah memberikan nama untuk sistem planet yang berada di rasi Centaurus. Rasi tersebut terletak di belahan langit selatan, sehingga mereka yang tinggal di Indonesia dapat terus menyaksikannya di langit malam.

A post shared by Himpunan Astronomi Indonesia (@hai.ias) on

"Nama Noifasui untuk eksoplanet dan Dofida untuk bintang tersebut diambil dari bahasa Nias. Dofida berarti bintang kita sedangkan Noifasui dapat diartikan telah mengelilingi. Jadi, planet Noifasui telah dan akan terus mengelilingi bintang kita, Dofida," tulis HAI.

Dilansir dari LangitSelatan.com, nama Dofida dan Noifasui diusulkan oleh Modesta Telaumbanua dari Nias, Sumatera Utara, dengan harapan agar seluruh manusia dapat terus menyaksikan cahaya bintang ini di langit malam. Meskipun tentu saja, untuk melihat bintang Dofida diperlukan teleskop karena kecerlangan bintang ini termasuk redup untuk bisa dilihat dengan mata tanpa alat.

Dofida dan Noifasui mengangkat tema istilah dan frasa terkait bintang dan planet serta kondisi fisiknya dalam bahasa Nias yang banyak digunakan di Pulau Nias dan Pulau Batu di bagian timur laut Indonesia.

Bintang Dofida berasal dari gabungan kata "dofi", yang berarti bintang, dan "da", yang berarti kita. Jadi, Dofida bermakna bintang kita. Sedangkan planet Noifasui berasal dari gabungan kata “ifasui”, yang berarti mengelilingi, dan "no", yang berarti telah dan terus terjadi sampai saat ini. Dengan demikian, bisa dimaknai bahwa dalam sistem keplanetan ini, planet Noifasui mengelilingi bintang kita, Dofida.

(Dari berbagai sumber)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini