Tahun 2020, Beli BBM Bisa Pakai Non-tunai

Tahun 2020, Beli BBM Bisa Pakai Non-tunai
info gambar utama
  • Tahun 2020, seluruh SPBU Pertamina di Indonesia ditargetkan bisa menyediakan opsi pembayaran non-tunai.
  • Pertamina menggandeng LinkAja dalam kebijakan ini.
  • Program digitalisasi ini ditargetkan selesai di kuartal I 2020/

PT. Pertamina menargetkan di tahun 2020 semua SPBU Pertamina di Indonesia bisa menyediakan opsi pembayaran non-tunai. Dalam kebijakan ini, Pertamina menggandeng layanan non-tunai milik BUMN, LinkAja.

Opsi pembayaran non-tunai di SPBU sebenarnya sudah terlaksana sejak pertengahan tahun 2018, tapi masih terbatas. Selain baru bisa dilakukan di segelintir SPBU, pembayaran non-tunai juga hanya bisa diakses lewat aplikasi MyPertamina yang terintegrasi dengan LinkAja.

Lalu apa bedanya dengan sistem non-tunai di 2020?

Dilansir dari KOMPAS.com, metode pembayaran dengan LinkAja dilakukan dengan memindai QR Code, langsung dari aplikasi LinkAja. Barcode nantinya akan tersedia di nozzle. Dengan sistem ini model transaksi juga akan berubah, dari yang awalnya isi dulu baru bayar, menjadi bayar dulu baru isi.

"Pola lama kan isi dulu baru bayar, ini harus diubah. Di mana-mana harus bayar dulu baru isi. Karena ke depan kita ingin pembayarannya melalui non tunai. Ada LinkAja, e-payment, dan bisa kerja sama dengan bank," terang Direktur Pemasaran Ritel Pertamina, Mas'ud Khamid, dikutip dari detikFinance.

BACA JUGA: Pertama di Dunia, Sawit Jadi Bensin dan LPG Melalui Co-prosessing

Mas'ud juga menuturkan, konsumen bisa mendapat keuntungan dari pembayaran dengan LinkAja, berupa poin yang dapat ditukarkan produk menarik.

"Jika mereka dapat poin bukan karena beli literannya, tetapi mereka transaksinya menggunakan nontunai," ucap Mas'ud ke KOMPAS.com.

Pertamina menargetkan proses digitalisasi ini bisa selesai di akhir kuartal I 2020. Digitalisasi ini nantinya juga akan menguntungkan SPBU, karena transaksi bisa terdata secara tepat dan perseroan bisa menyiapkan stok BBM sesuai kebutuhan masyarakat.

BACA JUGA: Begini Langkah Strategis Pemerintah Kurangi Impor BBM

Sementara itu VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, menyebut langkah yang ditempuh Pertamina dalam mengadakan sistem pembayaran non-tunai ini untuk mengakomodasi perubahan gaya hidup digital yang dialami masyarakat Indonesia belakangan ini.

Meski demikian, pihaknya belum ada wacana untuk melibatkan aplikasi uang digital lainnya seperti GoPay, OVO, atau DANA.

Referensi: KOMPAS.com | CNN Indonesia | detikFinance

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini