8 Keindahan Dunia yang Juga Ada di Indonesia

8 Keindahan Dunia yang Juga Ada di Indonesia

Pemandangan Pulo Cinta yang mirip dengan Pulau Maladewa © nizarnizar.com

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Libur akhir tahun segera tiba. Di zaman serba digital saat ini, tak lengkap rasanya jika hidup tanpa bertualang ke berbagai tempat apalagi di banyak penjuru dunia.

Semakin mudah akses informasi tempat yang kita dapatkan, semakin ingin pula kita untuk mencoba mendatangi tempat tersebut.

Bisa jalan-jalan ke luar negeri memang menyenangkan. Selain mendapatkan foto yang menarik, kita juga bisa menambah wawasan lebih jauh. Namun yang sering kali terlewat dipertimbangkan adalah bahwa semua itu butuh persiapan yang matang termasuk biaya yang tak sedikit.

Perbedaan nilai tukar (kurs) antara rupiah dengan mata uang lain biasanya membuat kita harus merogoh kocek lebih banyak, jika tidak dipikirkan dengan matang. Belum lagi mengenai urusan visa yang tidak menentu akan disetuju atau justru ditolak.

Jika Kawan GNFI mau melihat lebih dalam, sebenarnya Indonesia juga punya banyak tempat wisata menarik lho! Keindahan alam Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi.

Mulai dari Sabang sampai Merauke, alam Indonesia pasti akan selalu membuat takjub siapapun yang melihatnya. Bahkan di beberapa daerah memiliki pemandangan yang serupa dengan beberapa tempat wisata terkenal di luar negeri.

Selain lebih murah dalam segi biaya, Kawan GNFI juga bisa lebih mengenal tempat-tempat wisata di negeri kita ini.

Janjang Koto Gadang, Bukittinggi

Semua orang pasti setuju jika Great Wall of China merupakan salah satu maha karya yang begitu menawan. Tidak heran bila situs tersebut masuk dalam warisan dunia UNESCO.

Namun tak kalah dengan Indonesia, di daerah Ngarai Sianok Sumatera Barat pun terdapat tembok yang membentang begitu panjang. Tangga dan jalan yang bertembok beton ini melintas mulai dari Koto Gadang di lembah Ngarai Sianok lalu naik ke Bukittinggi.

Pada zaman penjajahan Belanda, perlintasan ini telah ada tapi bernama Janjang Batuang. Hal tersebut karena tembok ini masih terbuat dari tanah dan ditopang oleh bambu (batuang).

Pada waktu itu penduduk setempat menggunakannya sebagai jalan pintas dari Koto Gadang menuju Bukittinggi.

janjang koto gadang
Janjang Koto Gadang yang mirip seperti Tembok Besar China | Foto: id.wikipedia.org

Pulo Cinta, Gorontalo

Pulau Maladewa (Maldives) dianggap sebagai salah satu tempat terbaik untuk menghabiskan waktu liburan, karena pantainya yang memiliki laguna sangat indah.

Padahal, sebagai negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia, Indonesia adalah rumah bagi banyak pantai yang indah dan telah memenangkan berbagai penghargaan untuk itu. Salah satunya adalah Pantai di sekitaran Pulo Cinta, daerah Gorontalo.

Ada kisah unik di balik namanya. Dahulu kala pada masa penjajahan kolonial Belanda, pulau ini menjadi tempat pelarian antara Pangeran Gorontalo dengan putri dari salah seorang pedagang asal Belanda.

Ketika itu terjadi peperangan dan penolakan dari masyarakat setempat. Alhasil cinta mereka berdua tidak direstui dan memilih melarikan diri serta mengasingkan ke Pulo Cinta tersebut.

Pulau ini juga dinamakan Pulo Cinta karena bentuknya yang menyerupai hati jika kita lihat dari udara.

pulo cinta
Pemandangan Pulo Cinta jika dilihat dari atas yang menyerupai bentuk hati | Foto: nizarnizar.com

Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri

Kembar tapi beda. Kawan GNFI pasti tahu mengenai kedua bangunan ini. Arc de Triomphe yang berlokasi di Paris sekilas cukup mirip dengan Monumen Simpang Lima Gumul yang terletak di Kediri, Jawa Timur.

Bangunan ini terinpirasi dari kisah Jongko Joyoboyo, seorang raja dari Kerajaan Kediri abad ke-12 yang bercita-cita ingin menyatukan lima wilayah di Kerajaan Kediri.

Di dinding monumen ini juga terpahat cerita-cerita tentang sejarah kota Kediri. Sejak adanya Simpang Lima Gumul, kawasan Kabupaten Kediri memang mengalami perubahan signifikan yakni menjadi pusat ekonomi dan perdagangan baru.

monumen SLG
Bangunan Simpang Lima Gumul nampak seperti di Paris | Foto id.pinterest.com

Patung Yesus, Toraja

Apakah Kawan GNFI masih mengira patung Yesus Kristus tertinggi di dunia berada di Rio de Janeiro, Brasil?

Sejak 2015, Indonesia telah mematahkan rekor tersebut dengan sukses membangun patung serupa di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, tepatnya terletak di Puncak Buntu Burake.

Selain menikmati keindahan patung tersebut, Kawan GNFI juga bisa menikmati indahnya pemandangan dari atas bukit dengan udara sejuk khas pegunungan. Dijamin wisata Indonesia ini mirip banget sama wisata luar negeri!

patung yesus
Patung Yesus yang berlokasi di Toraja | Foto : youtube.com

Patung Buddha Tidur, Mojokerto

Dikenal sebagai Negeri Seribu Pagoda, Thailand memiliki banyak patung Buddha dan kuil. Salah satu yang populer adalah patung Buddha berlapis emas dalam posisi tidur yang dikenal dengan Sleeping Buddha di kawasan Hatyai, Thailand Selatan. Patung Buddha ini terdapat di kawasan wisata Wat Pho.

Namun tak perlu jauh-jauh ke Thailand, karena Indonesia juga punya patung serupa di Mahavihara Majapahit, Trowulan, Kota Mojokerto.

Sebenarnya Indonesia memiliki empat patung serupa yang tersebar di berbagai wilayah. Namun, yang di Mojokerto ini merupakan yang terbesar dengan panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter.

patung budha tidur
Patung Budha Tidur Mojokerto adalah salah satu patung Budha terbesar dari empat patung lainnya di Indonesia
| Foto: dolandolen.com

Pagoda Avalokitesvara, Semarang

Wisata Indonesia yang mirip dengan luar negeri lainnya adalah Pagoda Cien yang merupakan landmark paling populer di Sun Moon Lake, Taiwan. Daripada jauh-jauh liburan ke Taiwan, Kawan GNFI bisa langsung ke Semarang, karena di sana ada Pagoda Avalokitesvara.

Letaknya di Komplek Vihara Buddhagaya. Pagoda ini mempunyai tinggi sekitar 45 meter yang terdiri dari 7 tingkat dan tercatat sebagai pagoda tertinggi di Indonesia.

Di dalamnya, terdapat patung Dewi Kwan In, patung Panglima We Do, dan patung Amitabha. Pagoda ini keren sekali untuk dijadikan tempat berfoto.

pagoda semarang
Pagoda Avalokitesvara tercatat sebagai pagoda tertinggi di Indonesia | Foto: travelingyuk.com

Pantai Pink, Lombok

Di dunia ini terdapat tujuh pantai dengan pasir berwarna merah muda, salah satunya ada di Pink Sand Beach, Harbour Island. Namun, pantai merah muda juga ada di Indonesia, tepatnya di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pantai ini aslinya bernama Pantai Tangsi. Namun karena pasir mempunyai warna merah muda, jadilah pantai ini lebih populer dengan sebutan Pantai Pink.

Warna merah muda muncul akibat percampuran pasir putih dengan butiran terumbu karang yang bertekstur halus.

Butiran tersebut memiliki warna merah sehingga membuat pasir berubah menjadi pink ketika terkena basahnya ombak laut.

pantai pink
Pantai pink alias Pantai Tangsi, lombok | Foto : anantalomboktour.com

Brown Canyon, Semarang

Ada satu lagi wisata menarik yang ada di Semarang. Jika Kawan GNFI adalah penikmat pemandangan hamparan tebing, Grand Canyon Amerika memang menawarkan keindahan "lukisan" batu di alam raya.

Tapi tentu saja tak harus pergi ke Amerika untuk memanjakan mata, karena Indonesia pun punya hal yang mirip yang disebut juga dengan Brown Canyon.

Wisata tebing ini berlokasi di Rowosari, Semarang, Jawa Tengah. Bekas aktivitas penambangan menyisakan tebing-tebing megah layaknya di luar negeri.

brown canyon
Sisa bekas penambangan yang menyisakan tebing megah bernama Brown Canyon | Foto: camerawisata.com

Referensi: dolandolen.com | blog.pergi.com | pegipegi.com

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah jika sakit
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga29%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi14%
Pilih TerpukauTerpukau57%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Inilah Platform-platform Belanja Online yang Mendominasi Asia Tenggara Sebelummnya

Inilah Platform-platform Belanja Online yang Mendominasi Asia Tenggara

Jamur Tudung Pengantin, Jamur Cantik yang Tumbuh di Indonesia Selanjutnya

Jamur Tudung Pengantin, Jamur Cantik yang Tumbuh di Indonesia

Rizka Devi Amelia
@rizkadevam

Rizka Devi Amelia

rizkadevam.tumblr.com

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.