Liga 1 Putri Edisi Pertama Telah Usai. Ini Daftar Pemenangnya

Liga 1 Putri Edisi Pertama Telah Usai. Ini Daftar Pemenangnya
info gambar utama
  • Persib Putri keluar sebagai juara Liga 1 Putri musim pertama.
  • Di final, Persib Putri mengalahkan Tira Persikabo Kartini dengan agregat 6-1 dalam dua leg.
  • Gelar pemain terbaik juga diraih pemain Persib Putri.

Liga 1 Putri musim 2019 telah menyentuh garis finis. Di edisi pertama ini Persib Putri keluar sebagai juara, setelah menaklukkan Tira Persikabo Kartini di final yang digelar dengan format dua leg.

Leg pertama yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat dimenangkan tuan rumah, Persib Putri, tiga gol tanpa balas. Kemenangan pada hari Minggu (22/12) itu membuat Persib Putri di atas angin, lantaran sudah satu tangan memegang trofi liga.

Benar saja, di leg kedua Persib Putri memastikan gelar tersebut jatuh ke pelukan mereka. Walau bermain di markas lawan, Stadion Pakansari di Bogor, kekuatan Persib Putri tetap tak terbendung. Tiga gol lagi-lagi dilesakkan oleh tim tamu, dan hanya berbalas sebiji gol dari Tira Persikabo Kartini.

Agregat 6-1 membuat Persib Putri berhak menyandang status sebagai jawara Liga 1 Putri 2019. Lebih membahagiakan lagi, karena pemain mereka, Reva Oktaviani, dinobatkan sebagai pemain terbaik liga.

"Kemenangan (ini) untuk almarhum ayah, untuk ibu, Persib, bobotoh dan teman-teman yang hadir," ujar Reva Oktaviani, dikutip dari KOMPAS.com.

Kemudian untuk tiga penghargaan lainnya, semua jatuh ke tangan Tira Persikabo Kartini. Top skor diraih Insyafadya Salsabilla dengan koleksi 14 gol, pemain muda terbaik didapat Helsya Maeisyaroh, dan fair play award diberikan ke Tira Persikabo Kartini.

Reva Oktaviani, pemain terbaik Liga 1 Putri 2019 | Foto: Jalu Wisnu Wirajati/KOMPAS.com
info gambar

Tahun 2019 adalah musim pertama Liga 1 Putri bergulir. Kompetisi yang diikuti 10 kesebelasan ini dimulai pada Sabtu, 5 Oktober 2019, yang mempertemukan PSS Sleman Putri dengan Tira Persikabo Kartini di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Pertandingan dimenangkan tim tamu via skor 3-1.

Kompetisi ini dimulai dari babak penyisihan yang dibagi ke Grup A dan Grup B. Grup A berisi Persib, Tira Persikabo, Persija, PSS, dan PSIS. Kemudian Grup B dihuni Persipura, Arema FC, Bali United, Persebaya, dan PSM.

Referensi: KOMPAS.com | Liputan6.com | pssi.org

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini