Berkapasitas 100 Juta Penumpang, Indonesia akan Miliki Bandara Terbesar di Asia Tenggara

Berkapasitas 100 Juta Penumpang, Indonesia akan Miliki Bandara Terbesar di Asia Tenggara

Ilustrasi © Unsplash.com

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Indonesia akan memiliki bandara raksasa. Bandara Soekarno-Hatta bakal mengalahkan bandara internasional besar lainnya di Asia Tenggara seperti Changi Airport di Singapura, Suvarnabhumi Airport di Thailand, dan KLIA di Malaysia. Pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bakal menambah kapasitas Bandara Soetta secara keseluruhan. Untuk terminal 4 sendiri saja, kapasitas akan bertambah sekitar 40 juta.

Jika digabung dengan Terminal 1, 2, dan 3, maka Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan memiliki kapasitas hingga 100 juta penumpang per tahunnya, yakni saat Terminal 4 beroperasi penuh pada 2024. Adapun kapasitas Bandara Changi di Singapura, mengutip hasil penelusuran sinarjambi.com, direncanakan bakal mengembangkan bandara hingga berkapasitas 150 juta penumpang, tapi baru akan beroperasi pada tahun 2030. Sementara Kuala Lumpur Internasional Airport (KLIA) di Sepang, Malaysia, saat ini memiliki kapasitas penumpang sampai 75 juta per tahunnya. Awalnya pengoperasian bandara ini memiliki kapasitas penumpang 30 juta per tahun. Lalu, ada pengembangan terminal kedua yang memiliki kapasitas 45 juta penumpang per tahun.

Sedangkan untuk Suvarnabhumi Airport di Thailand memiliki kapasitas 45 juta penumpang yang bisa dioptimalkan menjadi 60 juta per tahun. Bandara ini akan dikembangkan dan mampu menampung sampai 130 juta penumpang, namun baru akan terealisasi tahun 2030.

Saat ini PT Angkasa Pura II sebagai pengelola Soekarno Hatta baru memulai perancangan desain pembangunan terminal 4. Perancangan dilakukan selama 18 bulan dan mencakup desain perencanaan teknis, struktur pembiayaan/financing dan desain penataan keseluruhan operasional.

Terminal 4 seluas 400.000 meter persegi diproyeksikan mampu melayani hingga 40 juta penumpang per tahun. Adapun terminal 1 dan 2 nantinya setelah revitalisasi masing-masing akan memiliki kapasitas hingga 20 juta penumpang per tahun. Sementara itu, Terminal 3 berkapasitas 25 juta penumpang per tahun.

Sumber: detikfinance.com | Sinarjambi.com

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga73%
Pilih SedihSedih5%
Pilih SenangSenang3%
Pilih Tak PeduliTak Peduli8%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau12%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Jam Berapa Ratangga Bangun dan Tidur? Sebelummnya

Jam Berapa Ratangga Bangun dan Tidur?

Mengenal Jenis Ikan Cupang Asli Indonesia yang Diburu Kolektor Dunia Selanjutnya

Mengenal Jenis Ikan Cupang Asli Indonesia yang Diburu Kolektor Dunia

Akhyari Hananto

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.