Fitur-fitur Super Canggih Akan Hadir di Terminal 4 Soetta

Fitur-fitur Super Canggih Akan Hadir di Terminal 4 Soetta

Ilustrasi bandara © Hanson Lu/Unsplash

  • Desain terminal 4 Bandara Soetta telah dimulai.
  • Dengan begitu, fasilitas-fasilitas yang akan disediakan juga sedang dikonsep.
  • Beragam fitur canggih nan futuristik akan hadir di terminal ini.

Desain pembangunan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah dimulai pada Jumat (27/12) lalu. Dengan demikian, rencana pengadaan fasilitas untuk terminal baru ini juga sedang dikonsep.

Presiden Direktur PT. Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin, mengatakan pembangungan Terminal 4 Bandara Soetta harus mengarah ke advanced technology dengan konsep smart environment, smart mobility, dan smart security.

Konsep smart environmet wajib mendukung pemanfaatan energi baru dan terbarukan. Meski begitu, konsep ini harus disesuaikan dengan kondisi di Indonesia, dan tidak harus meniru mentah apa yang diterapkan di luar negeri.

Sementara itu terkait dengan smart mobility, Terminal 4 akan banyak menyediakan self check-in counter, self baggage drop, serta mendukung teknologi lain seperti mobile check-in dan fasilitas lainnya sesuai dengan tren traveler saat ini yang lebih memilih memproses keberangkatan penerbangan secara mandiri, ketimbang harus datang ke konter check-in.

Terkait dengan smart security, Terminal 4 akan mengimplementasikan smart CCTV serta full body scanner x-ray dan peralatan keamanan terkini lainnya.

BACA JUGA: Desain Pembangunan Terminal 4 Bandara Soetta Resmi Dimulai

Di samping itu, Muhammad Awaluddin juga menekankan bahwa pembangunan Terminal 4 harus mudah dan siap mengakomodir infrastruktur teknologi informasi terkini dan mengantisipasi dinamisnya perkembangan teknologi ke depannya.

Sementara itu, Perwakilan KSO Karya Bersama Nusantara, Tommy Soetomo, mengatakan FGD akan banyak digelar guna menampung saran dari seluruh stakeholders terkait perumusan desain Terminal 4.

“Saat ini disiapkan Terminal 4 untuk penerbangan domestik dan internasional dan bisa mengakomodir hingga 40 juta penumpang. Namun sudah barang tentu kami akan mengajukan kembali berdasarkan masukan yang ada. Akan ada banyak FGD, dan pleno, mana nanti usulan yang diterima dan mana yang dikompromikan.”

“Yang jelas terminal penumpang pesawat harus mengutamakan flow penumpang. Apabila flow penumpang lancar maka akan berdampak baik bagi sisi komersial dan operasional,” ujar Tommy Soetomo.

BACA JUGA: Barisan Produk Digital di Bandara Soetta

Terminal 4 seluas 400.000 meter persegi diproyeksikan mampu melayani hingga 40 juta penumpang per tahun. Adapun Terminal 1 dan 2 nantinya setelah revitalisasi masing-masing akan memiliki kapasitas hingga 20 juta penumpang per tahun. Sementara itu, Terminal 3 berkapasitas 25 juta penumpang per tahun.

Dengan Terminal 1, 2, 3, dan 4, nantinya Bandara Internasional Soekarno-Hatta memiliki kapasitas hingga 100 juta penumpang per tahun.

Dalam rencana pengembangan Terminal 4 nantinya, inovasi teknologi yang akan dilakukan di antaranya melalui pemanfaatan artificial intelligence, internet of things, big data analytics, roboting, automation, virtual reality, hingga augmented reality.**

Pilih BanggaBangga83%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau17%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Desain Pembangunan Terminal 4 Bandara Soetta Resmi Dimulai Sebelummnya

Desain Pembangunan Terminal 4 Bandara Soetta Resmi Dimulai

Islamic Center Indonesia akan Dibangun di Kota Dingin di AS Selanjutnya

Islamic Center Indonesia akan Dibangun di Kota Dingin di AS

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

Tidak bisa masak tapi suka makan. Tidak bisa main bola tapi suka nonton bola.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.