Yanto Basna Lanjutkan Tahun Ketiga di Thailand

Yanto Basna Lanjutkan Tahun Ketiga di Thailand
info gambar utama
  • Yanto Basna melanjutkan musim ketiganya di Thailand.
  • Ia resmi direkrut PT Prachuap FC untuk musim 2020.
  • Yanto sebelumnya bermain untuk Sukhotai FC, dan berhasil membawa klub tersebut lolos degradasi.

Teka-teki masa depan Yanto Basna terjawab sudah. Bek timnas Indonesia ini masih melanjutkan karier di Liga Thailand, dan bergabung dengan tim kontestan Thai League 1 lainnya, PT Prachuap FC untuk musim kompetisi 2020.

Kepastian Yanto Basna merapat ke Prachuap diumumkan melalui akun Facebook klub tersebut. Di caption-nya tertulis "Prachuap FC berhasil menandatangani kontrak dengan bek timnas Indonesia untuk mengisi kuota ASEAN. Pada musim lalu, ia bermain untuk Sukhothai FC, sama seperti Ian Ramsay."

Dengan bergabungnya Yanto Basna ke Prachuap FC, akan menjadi musim ketiganya merumput di Liga Thailand. Pemain kelahiran Sorong, Papua, ini pertama kali mendarat di Negeri Gajah Putih pada tahun 2018, dengan membela Khon Kaen FC di Thai League 2.

Yanto Basna saat itu ditemani Ryuji Utomo, yang bermain di PTT Rayong. Namun, keduanya berbeda nasib. Ryuji Utomo sukses menggondol gelar juara Thai League 2, sedangkan Yanto Basna bersama Khon Kaen FC gagal promosi, padahal sejak pertengahan musim menghuni zona tiga besar.

BACA JUGA: Apa Salah dan Dosamu Sayang, Timnas Indonesia Kok Sulit Juara

Perbedaan nasib keduanya tak berhenti sampai di situ. Di musim 2019 mereka kembali beda nasib. Ryuji kembali ke Persija Jakarta, sedangkan Yanto masih bertahan di Thailand. Ia bergabung ke Sukhotai FC, klub Thai League 1.

Musim pertama di Thai League 1 dijalani Yanto dengan susah payah. Ia kesulitan menembus tim inti, dan banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan. Alhasil, menit bermain yang minim juga mempengaruhi performanya di timnas, yang banyak berhias kesalahan.

Untungnya, jelang akhir musim Yanto Basna bisa kembali ke performa terbaiknya. Ia dua kali mencetak gol jelang akhir musim, dan berjasa menyelamatkan Sukhotai FC dari degradasi.

BACA JUGA: Dunia Pun Melepas Bambang Pamungkas

Di Prachuap musim ini, Yanto Basna menjadi satu dari tiga pemain asing Asia Tenggara yang didatangkan. Selain dirinya, ada Baihakki Khaizan dari Singapura, dan Iain Ramsay dari Filipina.

Di Thai League 1, setiap klub diperbolehkan mengontrak paling banyak tujuh pemain asing, yang dibagi ke tiga pemain Asia Tenggara, satu pemain Asia, dan tiga pemain asing dari negara manapun.

Referensi: superball | indosport | transfermarkt

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini