Remaja Indonesia Pecahkan Rekor Mengingat di Dunia!

Remaja Indonesia Pecahkan Rekor Mengingat di Dunia!

Janet Valencia, pemecah rekor mengingat di dunia © Indonesia Memory Sports Council

  • Rekor dunia mengingat dipecahkan remaja Indonesia di kompetisi daya ingat internasional.
  • Pemecah rekor itu adalah Janet Valencia, siswi SMA Regina Pacis Bogor.
  • Ia memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang orang Jerman.

Selesainya kejuaraan World Memory Tour – World Championship 2019 di Xiamen, Tiongkok, tak hanya ditandai Indonesia dengan enam medali emas yang diraih. Prestasi lain juga ditorehkan, yakni memecahkan rekor dunia dalam hal mengingat!

Pemecah rekor tersebut adalah gadis asal Indonesia bernama Janet Valencia. Janet yang termasuk anggota tim Indonesia di ajang tersebut, berhasil mencatatkan rekor dunia remaja dalam mengingat wajah dan nama (141 nama dalam 15 menit).

Siswi SMA Regina Pacis Bogor tersebut memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang Jan-Hendrik Buscher asal Jerman pada tahun 2015, dengan catatan rekor 136 nama.

"Melalui sejumlah prestasi ini, Indonesia tidak diragukan lagi menjadi salah satu tim dengan daya ingat dan konsentrasi terkuat di dunia," ujar Ketua Tim, Yudi Lesmana, dikutip dari siaran pers yang diterima GNFI.

BACA JUGA: 6 Emas Diraih Indonesia di World Championship Memory

Yudi Lesmana (kiri) | Foto: Indonesia Memory Sports Council

"Daya ingat sangat penting dimiliki setiap manusia, terlebih WHO telah memprediksi dementia (pikun) akan meningkat tiga kali lipat pada 2035. Kemampuan daya ingat tentu tidak bisa disamakan dengan kemampuan menghapal, karena hilangnya hapalan (contoh bahan bacaan pelajaran atau kitab suci) seseorang tidak akan langsung mempengaruhi hidup orang tersebut."

"Namun hilangnya daya ingat bisa membuat seseorang tersebut tidak bisa mengenali segala hal yang ada di diri dan lingkungannya. Kejuaraan memory ini melatih working memory yang meningkatkan daya serap otak terhadap informasi-informasi baru,” lanjut Yudi.

BACA JUGA: Di Lomba Ini, Daya Ingat Orang Indonesia Lebih Bagus dari Jepang

Tim Indonesia diwakili empat atlet memory di ajang yang digelar di Amoy Haicang Sports Cente ini. Mereka adalah Athaya Kemal (SD Kinderfield Depok)satu-satunya peserta Indonesia di kategori Kids, kemudian kategori Junior dari Indonesia diperkuat oleh Janet Valencia (SMA Regina Pacis Bogor), Yossyifa Zahra (SMAN 1 Depok, dan Amira Tsurayya (SMA PU Al Bayyan Sukabumi).

Tim Indonesia di World Memory Tour – World Championship 2019 | Foto: Indonesia Memory Sports Council

Selain Janet yang memecahkan rekor dunia, Yossyifa juga dianugerahi gelar International Grandmaster of Memory. Ia berhasil melewati batas minimum mengingat 1.000 digit angka acak dan 10 decks kartu remi dalam satu jam, serta mengingat urutan satu deck kartu remi yang telah diacak di bawah dua menit.**

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

6 Emas Diraih Indonesia di World Championship Memory Sebelummnya

6 Emas Diraih Indonesia di World Championship Memory

Islamic Center Indonesia akan Dibangun di Kota Dingin di AS Selanjutnya

Islamic Center Indonesia akan Dibangun di Kota Dingin di AS

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

Tidak bisa masak tapi suka makan. Tidak bisa main bola tapi suka nonton bola.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.