Bandara Terbesar Kedua di Indonesia akan Segera Punya Kereta Bandara

Bandara Terbesar Kedua di Indonesia akan Segera Punya Kereta Bandara
info gambar utama

Setelah di Jakarta, Medan, Padang, dan Solo, pemerintah akan membangun kereta api bandara di Surabaya, yang menghubungkan Bandara Juanda menuju tengah kota Surabaya. KA bandara ‘Kota Pahlawan’ tersebut akan mulai dibangun pada 2021 mendatang.

Rencana pembangunan KA bandara itu disampaikan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

“KA bandara lain yang harus segera dibangun yaitu Surabaya. Penduduknya banyak dan Bandara Juanda itu kan besar,” kata Budi Karya beberapa waktu lalu. Selain Surabaya, daerah lain yang harus memiliki KA bandara yakni Bali. Budi Karya mengatakan, KA bandara di Bali diproyeksikan sebagai penghubung antara Bandara Internasional Ngurah Rai (selatan) dan kawasan utara Bali.

Wilayah lain yang mesti punya KA bandara yaitu Makasar, yang akan menghubungkan Bandara Sultan Hasanuddin dengan kabupaten dan kota lainnya di Sulawesi Selatan. Selain itu, KA bandara Kerjati di Subang, Jawa Barat.

“Di Kertajati, Jawa Barat reaktivasi jalur saja. Untuk KA Bandara di Surabaya sekitar 2021 mulai (dibangun),” pungkas Budi Karya.

Diberitakan sebelumnya, Menhub Budi Karya meresmikan KA Bandara untuk rute Stasiun Manggarai-Bandara Soekano-Hatta. Terdapat 38 perjalanan perhari dengan pemberangkatan pertama pada pukul 05.10 WIB.

Direktur Utama PT Railink, Mukti Jauhari optimistis rute baru Stasiun Manggarai-Bandara Internasional Soekarno Hatta berdampak positif meningkatan jumlah penumpang harian.

“Kami sepakat dengan target 50 persen peningkatan okupansi penumpang dengan rute ini. Apalagi jika selesai (revitalisasi Stasiun Manggarai) bisa nambah lagi,” pungkas Mukti.

Sumber :Jawapos.com

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini