Inilah 5 Daerah dengan Hutan Terluas di Indonesia

Inilah 5 Daerah dengan Hutan Terluas di Indonesia
info gambar utama

Bumi Pertiwi yang indah nan mempesona ini memang melimpah akan kekayaan alamnya. Dari kekayaan alam itulah terdapat berbagai hal yang hanya dimiliki Indonesia dan tidak dimiliki negara lain, misalnya hutan tropis.

Dengan luas hutan tropis sebesar 39.549.447 hektare, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan hutan tropis terbesar di dunia. Hutan tropis di Indonesia berada hampir di setiap pulau besar, seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Di dunia, selain hutan tropis, hutan yang dimiliki Indonesia berada di posisi sembilan sebagai hutan terluas di dunia dengan luas wilayah 884.950 km persegi atau mencapai 133.300.543,98 hektar.

Jika ditelaah kembali, ternyata Indonesia memang memiliki banyak sekali hutan yang sangat luas. Jika di Amerika Selatan ada hutan Amazon yang dianggap sebagai paru-paru dunia, di Indonesia pun memiliki paru-paru dunia.

Paru-parunya Indonesia tersebar di beberapa daerah. Ada lima daerah yang memiliki lima hutan terluas. Di mana sajakah hutan tersebut?

Papua

Hutan di Papua | Foto: mongabay.co.id
info gambar

Yang pertama tentu saja daerah paling timur di Indonesia, Papua. Dengan memiliki sumber daya alam terlengkap, mulai dari kekayaan mineral, minyak, gas, perkebunan, hingga hasil hutan membawa Papua sebagai daerah di Indonesia dengan hutan terluas yaitu 40.546.360 hektar.

Luas daerah tersebut adalah gabungan dari Papua dan Papua Barat. Tak heran jika banyak orang asing yang menanam berbagai investasi di daerah yang dulunya bernama Irian Jaya ini. Memang Papua merupakan emas bagi Indonesia yang menyumbang hutan terluas di dunia.

Dari hutan yang luas tersebut pula hidup berbagai flora dan fauna khas Papua, seperti burung cenderawasih, nuri sayap hitam, kasuari, kanguru mantel emas, tikus raksasa, katak giant, kuskus bermata hijau, dan sebagainya.

Kalimantan Tengah

Hutan di Kalteng | Foto: kalimantanberita.com
info gambar

Dari Papua, mari kita terbang ke Pulau Kalimantan. Pulau Borneo ini memang terkenal dengan berbagai hutannya yang sangat luas. Menempati urutan kedua sebagai hutan terluas di Indonesia, luas hutan di Kalimantan Tengah ialah 15.300.000 hektare.

Namun, hutan-hutan di sana sering mengalami kebakaran hutan yang hebat, yakni pada 2015 dan 2019 dengn luas lahan terbakar di Kalimantan Tengah mencapai sekitar 753 hektare dengan jumlah kebakaran mencapai 223 kejadian.

Kalimantan Timur

Hutan di Kaltim | Foto: amankaltim.blogspot.com
info gambar

Masih di Pulau Borneo, daerah dengan hutan terluas ketiga di Indonesia ialah Kalimantan Timur (Kaltim). Provinsi dengan ibu kota Samarinda ini memiliki luas wilayah hutan 14.651.053 hektar.

Meskipun hutan di Kalimantan Timur sangat luas dan lebat, namun provinsi ini juga memiliki berbagai macam tambang yang hingga kini masih beroperasi.

Kalimantan Timur juga dikenal dengan daerah yang memiliki trek cukup curam karena masih asrinya alam di sana.

Dari keasrian tersebut, hiduplah berbagai flora dan fauna di hutan Kaltim, seperti anggrek hitam, pohon ulin, tengkawang tungkul, orang hutan, gajah kalimantan, dan sebagainya.

Riau

Hutan di Riau | Foto: riau-hijau.com
info gambar

Apa yang Kawan GNFI pikirkan saat mendengar daerah Riau? Hutannya yang luas? Kebakaran hutan? Ya, Riau dengan luas wilayah 87.023,66 km persegi ini adalah daerah keempat dengan hutan terluas di Indonesia yaitu 9.456.160 hektar.

Sayangnya, Riau yang berada di tengah Pulau Sumatera ini pernah mengalami kebakaran hutan dan lahan yang terjadi selama kurang lebih delapan bulan lamanya pada tahun 2019 lalu.

Kalimantan Barat

Hutan di Kalbar | Foto: betahita.id
info gambar

Terakhir, masih berada di Pulau Kalimantan yaitu Kalimantan Barat (Kalbar) yang menjadi daerah dengan luas wilayah terbesar kelima di Indonesia dengan luas hutan 9.101.760.00 hektar.

Hutan Kalbar yang didominasi dengan hutan tropis ini memiliki banyak ekosistem yang hidup dengan baik di alam hijau, mulai dari flora hingga fauna.

Seperti hutan lainnya, hutan di Kalbar juga tak jarang mengalami pembalakan hutan untuk dialihfungsikan menjadi perkebunan secara ilegal.

Itulah lima daerah dengan hutan terluas di Indonesia. Dengan luasnya hutan-hutan di Indonesia, tidak terlepas dari berbagai hal yang merugikan bagi hutan tersebut, seperti kebakaran dan pembalakan.

Menjadi tanggung jawab kita bersama untuk selalu menjaga keasrian hutan, karena hutan adalah habitat bagi ekosistem lain dan sumber oksigen terbaik bagi bumi pertiwi ini.

Referensi: ublik.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dessy Astuti lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dessy Astuti.

Terima kasih telah membaca sampai di sini