Akan Ada Bandara Baru di Jawa Timur, Dibangun April 2020

Akan Ada Bandara Baru di Jawa Timur, Dibangun April 2020
info gambar utama

Peletakan batu pertama Bandar Udara Kediri di Jawa Timur direncanakan akan dilakukan pada April 2020. Nantinya, pembangunan bandara ini akan menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha, di mana PT Gudang Garam Tbk telah berkomitmen untuk mendanai seluruh pembangunannya.

PT Gudang Garam Tbk melalui anak usaha PT Surya Dhoho Investama (SDI) memperkirakan pembangunan bandara ini akan menelan dana sekitar Rp 6 triliun, masing-masing Rp 3 triliun untuk tanah dan bandara.

Penetapan lokasi saat ini masih menunggu Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kediri, Jawa Timur. Di mana luas lahan yang dibutuhkan sebesar 372 hektare dan pembebasan lahan sudah mencapai lebih dari 98% dan tersisa 5 hektare lagi.

"Bandara internasional, runway 3.300 meter untuk rute akan dikerjakan Angkasa Pura I," kata Dirut PT SDI, Susanto Widyatmoko. Lokasi bandara berada di 3 kecamatan Bulusari, Tarokan, dan Googol dan 4 desa. Menurutnya pembangunan akan memakan waktu 2,5 tahun sejak groundbreaking bulan April 2020.

Sementara itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, status Bandara Kediri telah ditetapkan sebagai bandara nasional. Pasalnya, jika keinginan bandara berstatus internasional akan berdampak terhadap pertahanan. Hal ini mengacu pernyataan pihak Gudang Garam yang berharap Bandara Kediri bisa berstatus internasional.

Pembangunan bandara ini terdiri dari 3 tahap. Pada tahap 1 kapasitas penumpangnya diperkirakan 1,5 juta. Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) Faik Fahmi memastikan pihaknya akan menjadi operator dari bandara yang akan dibangun di Kediri tersebut. Nantinya akan dibentuk kerja sama dengan formula yang nanti disepakati bersama.

Sumber : CNBC Indonesia | Kontan | Kompas

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini