Bandara Adi Sutjipto Akan Beralih Fungsi

Bandara Adi Sutjipto Akan Beralih Fungsi
info gambar utama
  • Bandara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta akan beralih fungsi, seiring pengoperasian penuh bandara YIA.
  • Alih fungsi ini mencakup jam operasional dan jenis pesawat yang dilayani.
  • Bandara YIA mulai beroperasi penuh pada 29 Maret 2020.

Dengan beroperasinya bandara YIA secara penuh mulai 29 Maret 2020 mendatang, maka akan ada penyesuaian dengan Bandara Internasional Adi Sutjipto. Bandara yang terintegrasi dengan Stasiun Maguwo tersebut bakal beralih fungsi.

Penyesuaian pertama adalah jam operasional. Nantinya Bandara Internasional Adi Sutjipto hanya beroperasi selama 12 jam, dari pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB. Jumlah penerbangannya juga menyusut, hanya melayani 16 pergerakan pesawat propeller dan 'general aviation'.

BACA JUGA: Akan Ada Bandara Baru di Jawa Timur, Dibangun April 2020

Terminal keberangkatan dan kedatangan juga mengalami perubahan. Terminal A yang dulunya dipakai untuk kedatangan dan keberangkatan domestik, beralih jadi kedatangan domestik saja. Kemudian Terminal B yang sekarang untuk penerbangan internasional, beralih fungsi untuk keberangkatan saja.

Apron Bandara Adi Sutjipto | Foto: angkasapuraproperti.co.id
info gambar

Mengenai perpindahan penerbangan ini, pihak Bandara Internasional Adi Sutjipto telah mengadakan slot meeting yang diikuti maskapai-maskapai domestik dan internasional. Pertemuan ini dihelat di Cirebon beberapa waktu lalu.

Dari pertemuan ini, disepakati bahwa kode bandara JOG berubah jadi YIA, dan seluruh penerbangan domestik maupun internasional pindah ke YIA mulai 29 Maret 2020.

BACA JUGA: Layanan Bandara Sekarang Bisa Dinilai Secara Real Time

"Sehingga nanti serentak, yang domestik dan internasional seluruhnya akan dipindahkan. Sebanyak 16 pergerakan penerbangan internasional dan 150 domestik," kata GM PT. Angkasa Pura I (Persero) untuk YIA, Agus Pandu Purnama, dikutip dari KOMPAS.com.

Bandara Internasional Adi Sutjipto sekarang berkapasitas 1,8 juta penumpang dan melayani 8 juta penumpang per tahun. Untuk jumlah penerbangannya, sekarang mencapai 188 flights per hari.

Referensi: IDN Times Jogja | KOMPAS.com | suarajogja.id

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini