Tahukah Kamu? Pohon Terbesar Dunia Ada di Indonesia!

Tahukah Kamu? Pohon Terbesar Dunia Ada di Indonesia!
info gambar utama

Eusideroxylon zwageri, sebuah nama latin untuk pohon yang berhasil menempati deretan pohon raksasa dunia. Pohon ini dijuluki sebagai pohon dengan Kayu Besi.

Ulin adalah jenis pohon asli Indonesia (indigenous tree species) yang digolongkan ke dalam suku Lauraceae.

Ulin memiliki tinggi pohon umumnya 30,35 meter. Batang lurus, tajuk berbentuk bulat dan rapat serta memiliki percabangan yang mendatar. Pohon berdiameter 2,47 meter itu diperkirakan telah berusia lebih dari seribu tahun.

Penyeberannya hanya terdapat di Sumatra bagian Timur dan Selatan, Pulau Bangka dan Belitung, Kalimantan, Kepulauan Sulu dan Pulau Palawan di Filipina. Namun yang terbesar ada di Sangkima, menjadi ikon Taman Nasional Kutai (TNK) di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.

Pohon Ulin | Foto: jurnalasia.com
info gambar

Mengapa disebut kayu besi?

Kayu ulin sangat kuat dan awet, dengan kelas kuat I dan kelas awet I mempunyai berat jenis 1,04. Kayu ulin tahan akan serangan rayap dan serangga penggerek batang, tahan akan perubahan kelembaban dan suhu serta tahan pula terhadap air laut. Kayu ini sangat sukar dipaku dan digergaji tetapi mudah dibelah.

Dikarenakan kayu ulin sangat kuat dan sangat awet, sehingga banyak digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pondasi bangunan di dalam air dan lahan basah, atap rumah (sirap), kusen dan pintu.

Kayu berkelas ini sudah biasa menjadi keperluan dan menjadi andalan dalam proses pembangunan rumah atau jembatan.

Jika ingin melihatnya secara langsung di TNK, dapat dilakukan perjalanan dari Kantor Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Sangata, Kutai Timur. Lalu dilanjutkan jalan kaki sejauh 800 meter memasuki hutan hujan tropis setempat dengan pengawalan petugas TNK.

Status pohon ini sebagai salah satu pohon terbesar di dunia ditemukan oleh Watanabe, seorang peneliti flora asal Jepang, pada tahun 1993.

Jenis pohon besar dunia lainnya ada El Arbol del Tule. El Arbol del Tule adalah bahasa Spanyol untuk The Tree of Tule gaes, pohon cemara yang letaknya di pusat kota Santa Maria del Tule, negara bagian Meksiko, Oaxaca.

Pohon dengan volume 1.203 meter kubik ini adalah jenis Coast Redwood yang ada di California Utara.

Selanjutnya ada pohon yang juga dikenal dengan nama Giant Ash, Mountain Ash, dan Victorian Ash ini adalah spesies Eucalyptus yang asli dari Australia Tenggara dan banyak ditemukan di daerah Tasmania dan Victoria.

Lalu yang terakhir ada dari Selandia Baru dengan volume 516 meter kubik, Tane Mahuta adalah pohon terbesar di dunia urutan nomor 4.

Referensi: id.wikipedia.org | nasional.okezone.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini