Burnout: Definisi dan Tips Mengatasinya oleh Astuti Martosudirdjo

Burnout: Definisi dan Tips Mengatasinya oleh Astuti Martosudirdjo
info gambar utama

Pada Sabtu kemarin (18/01), Astuti Martosudirdjo, atau yang akrab disapa dengan sebutan Mbak Ade memberikan pengetahuan tentang burnout, mulai dari definisi hingga cara menghadapinya pada alumni dan anggota aktif AIESEC se-Indonesia yang hadir pada National Election Conference 2020 di Jakarta.

Ia merupakan seseorang hebat di balik buku “Ignite Your Life for Women” yang berisi tentang pengalamannya menghadapi burnout saat bekerja. Astuti juga merupakan alumni AIESEC yang bahkan pernah menjabat sebagai presiden dari AIESEC International di tahun 1998-2000.

Selain itu Mbak Ade juga yang mendirikan Uplift My Life Today, yaitu situs yang membantu siapapun yang memiliki ambisi untuk membuat hidup menjadi lebih baik, tidak hanya dalam karir, namun hingga perjalanan sebagai manusia.

Astuti Martosudirdjo memberikan seminar tentang burnout kepada alumni dan anggota aktif AIESEC di Hotel Maharani Jakarta, 18 Januari kemarin. | Sumber: AIESEC Indonesia
info gambar

Astuti mengatakan bahwa dalam bekerja pasti ada kalanya merasa sangat berambisi dan terus-menerus memikirkannya, dirinya pun sendiri pernah begitu. Ia pernah berada pada tahap "gila" bekerja hingga jam tidur berkurang, makan tidak teratur, ditambah dengan banyaknya konsumsi kopi dan minuman energi.

Menurutnya, hal tersebut yang menyebabkan burnout dan membuat kita lupa tujuan awal kita bekerja. Maka dari itu ia menyarankan untuk "recluse yourself" atau menarik diri sejenak dari segala hal dan mencoba untuk lebih peduli pada diri sendiri, mulai dari kesehatan fisik dan mental.

Selain itu, memilih pekerjaan atau jurusan kuliah yang sesuai dengan kesukaan itu penting. Karena melakukan hobi yang menjadi pekerjaan akan membuat kita senang dan tidak mudah burnout. Buatlah jadwal satu hari dalam seminggu untuk diri sendiri agar tidak terlarut dalam pekerjaan.


Catatan kaki: AIESEC Indonesia | UpLiftMyLife Today

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini