Layanan Baru Bandara Soekarno-Hatta Diresmikan

Layanan Baru Bandara Soekarno-Hatta Diresmikan
info gambar utama

Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta memiliki pelayanan tambahan yakni dengan menambah landasan pacu 3 (runaway 3) yang berada di selatan. Landasan pacu 3 dibangun sejak tahun 2018 dan telah beroperasi sejak bulan Desember 2019. Kemarin, tepatnya pada tanggal 23 Januari 2020, presiden Joko Widodo meresmikan landasan pacu 3 Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta.

Tambahan landasan pacu kurangi antrean pesawat di udara | Foto : liputan6.com
info gambar

Tambahan landasan pacu 3 ini dapat menambah jumlah aktifitas pesawat di salah satu bandara tersibuk di dunia ini. Mulanya, dengan jumlah dua landasan pacu terdapat sekitar 81 aktifitas pesawat per jam, namun dengan tambahan landasan pacu 3 ini jumlah aktifitas meningkat hingga 50% yakni sekitar 114 hingga 120 aktifitas pesawat per jamnya. Selain itu, tambahan landasan pacu 3 ini juga dapat mengurangi waktu yang digunakan oleh pesawat ketika akan mendarat. Sehingga, pesawat tidak perlu airbrone holding atau berlama-lama di udara untuk menunggu antrean mendarat di Bandara Soekarno Hatta.

Landasan pacu 3 dibangun dengan anggaran sejumlah 6 triliyun rupiah di mana biaya untuk pembebasan lahan sejumlah 4 triliyun rupiah dan biaya pembangunan landasan pacu 3 sejumlah 2 triliyun rupiah. Presiden meresmikan landasan pacu dengan dimensi 3.000 m x 60 m ini ditemani oleh beberapa menteri dari Kabinet Indonesia Maju seperti Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekretaris Kabinet Pramono Agung dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Peresmian Landasan Pacu 3 Bandara Soekarno Hatta oleh Presiden Joko Widodo | Foto : PalapaNews
info gambar

Perbaikan demi perbaikan terus dilakukan baik oleh pihak bandara maupun PT Angkasa Pura II, yang mana salah satu prestasinya adalah Bandara Soekarno Hatta meraih penghargaan tertinggi atau Diamond Award pada Service Quality Award (SQA) tahun 2019. Penghargaan ini didapat berdasarkan pada persepsi pelanggan yang dikumpulkan oleh lembaga Riset Carre Service Quality Monitoring (SQM). Hasilnya, Bandara Soekarno Hatta yang merupakan salah satu bandara tersibuk di dunia ini memiliki kualitas pelayanan terbaik dan totalitas memenuhi kebutuhan para pelangga terutama dalam bidang digitalisasi. Oleh sebab itu, penambahan landasan pacu merupakan bentuk nyata dari peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak Bandara Soekarno Hatta kepada para pelanggan.


Catatan kaki: tempo

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini