Setahun Lamanya, Rupiah yang Terkuat di Dunia

Setahun Lamanya, Rupiah yang Terkuat di Dunia
info gambar utama
  • Nilai tukar rupiah terus menguat di hadapan dolar Amerika.
  • Sejak Februari 2018, nilai tukar rupiah terhadap dolar adalah yang terbaik di dunia.
  • Namun, ada untung dan rugi dari situasi ini.

Awal tahun 2020 dibuka Indonesia dengan sangat mulus di bidang ekonomi. Mata uang rupiah masih mempertahankan posisinya di urutan teratas sedunia, terhadap nilai tukar dengan Dolar Amerika (USD).

Dilansir dari CNBC Indonesia, kekuatan Rupiah sebagai yang terbaik di dunia ini dipertahankan sejak Februari 2018. Di hari Kamis (23/1) pukul 10.00 WIB, USD 1 setara dengan Rp13.655.

Kemudian di tanggal 23 Januari 2020, secara year to date rupiah masih menguat 1,8 persen terhadap USD.

"Penguatan rupiah masih sejalan dengan fundamental. Inflasi rendah, pertumbuhan (ekonomi) meningkat, NPI (Neraca Pembayaran Indonesia) surplus, dan inflow masuk makanya rupiah menguat. Ini sejalan dengan mekanisme pasar," terang Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo.

Ia menambahkan, penguatan rupiah didorong pasokan valas dari para eksportir serta aliran masuk modal asing yang tetap berlanjut sejalan prospek ekonomi Indonesia yang tetap terjaga, daya tarik pasar keuangan domestik yang tetap besar, dan ketidakpastian pasar keuangan global yang mereda.

Menguatnya rupiah terhadap USD bahkan menjadi yang terbaik di dunia adalah kabar baik, tapi juga tak luput dari kabar buruk. Ini terkait eksportir yang akan dirugikan, lantaran produk buatan Indonesia jadi lebih mahal di pasar global, dan kurang berdaya saing.

Meski begitu, Perry menampik tudingan menguatnya rumah akan sangat merugikan eksportir. Sebab, menurutnya eksportir juga bisa kebagian untung, karena impor bahan baku/penolong akan lebih murah, dan dapat meningkatkan produktivitas manufaktur.

"Ekspor komoditas senangnya (Rupiah) melemah, tetapi ekspor komoditas tidak terlalu sensitif dengan pelemahan rupiah. Lebih ke permintaan dan harga komoditas," ujar Perry, dikutip dari CNBC Indonesia.

Dalam data yang dirilis Refinitiv, Rupiah berada di tempat teratas terhadap nilai tukar dengan USD, diikuti paun Mesir, peso Meksiko, yen Cina, dan ringgit Malaysia di lima besar.


Referensi: CNBC Indonesia | liputan6.com | CNBC Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini