Suku Mante, Si Misterius dari Aceh

Suku Mante, Si Misterius dari Aceh
info gambar utama

Apa yang ada di benak kalian ketika kalian mendengar kata Aceh? Memori tentang kelamnya tsunaminya dulu, atau sebagai kota Serambi Mekah?

Keduanya betul. Namun ada hal yang jauh menarik untuk disimak dari Aceh. Seperti suku-suku misterius di hutan daerahnya, dan hal-hal yang belum diketahui banyak orang.

Tak selang beberapa tahun lalu, kita sempat digemparkan dengan sosok manusia kerdil yang larinya sangat cepat di pedalaman hutan Aceh, ketika para pengendara motor melintasinya. Rupa tersebut lari cepat dan menghilang diantara semak dan rumput yang tinggi.

Terdengar seperti cerita karangan biasa, namun ternyata sosok itu diyakini sebagai sosok Suku Mante. Ada yang pernah dengar?

Suku ini adalah suku awal generasi sebelum adanya suku-suku lainnya di Aceh. Bukit adalah rumah bagi mereka, sudah diketehaui bahwa mereka bermukim di perbukitan sejak 3000 SM.

Menurut data yang dimiliki oleh pemerintah Aceh itu sendiri suku ini tersebar di 14 lokasi yang berbeda di sana. Beberapa di antaranya adalah di bawah kaki Gunung Halimun Pidie, Hutan Pameu Aceh, Hutan Kopi Gayo Lues, Samarkilang Bener Meriah.

Suku Mante sendiri memiliki karakteristik seperti badan membungkuk dan kecil sehingga membuatnya menjadi lebih lincah. Tinggi badan hanya sekitar 60-70 cm dengan tinggi maksimal 1 meter. Berciri khas kulit sawo matang seperti suku Melayu pada umumnya.

Gambaran Suku Mante | Foto: kumparan.com
info gambar

Bagian mukanya cenderung bulat berotot dan tegas, telinganya runcing seperti peri pada film animasi, rambutnya lurus. Kakinya juga bertelapak, namun lebih lebar pada bagian ujung kakinya. Suku Mante perempuan memiliki bulu-bulu halus di sekujur tubuhnya, sedangkan yang pria malah sebaliknya.

Selain lurus rambutnya, mereka juga memanjangkannya hingga menyetuh bagian pantat. Untuk berkomunikasi mereka memiliki bahasa khas suku mereka sendiri, oleh karenanya ada keterbatasan berbicara ketika kita menemui suku yang nomaden tinggalnya ini.

Suku ini juga dikenal sebagai omnivora atau pemakan segalanya. Mulai dari daging, ikan, buah-buahan hutan dan lainnya.

Suku mante memang memiliki kecenderungan sama dengan manusia, namun mereka berssifat sangat tertutup dan takut apabila ada orang asing di sekitar mereka.

Mereka diketahui sering kali keluar dari bukit-bukit pada waktu subuh untuk mencari makanan sambil mengiringi sungai.

Nah, itu dia tentang suku mante yang sempat menjadi hal misterius bagi kita, tapi kalian sudah tahu kan tentang mereka sekarang?


Referensi: romadecade.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini